Sindikat Penipuan di Pemprov DKI Mulai Terungkap

0
989
Pelaku penipuan
Oknum PNS bersama temanya, seorang PHL

Buktipers.com, DEPOK – Oknum PNS di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI diduga telah melakukan serangkaian penipuan terhadap para pengusaha.

Modus penipuan, akan memberikan kegiatan dan akan memenangkan paket lelang kepada pengusaha. Hal tersebut terendus setelah salah seorang pengusaha (tidak mau disebutkan namanya) menuturkan pengalamannya pada buktipers.com.

Menurut penuturannya, berawal dari pelaksanaan beberapa paket lelang di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Oknum PNS berinisial “R” berhasil meraup uang puluhan juta dari calon pemenang lelang. Modus operandinya adalah dengan menjual nama salah seorang panitia lelang, yang meminta sejumlah uang agar penawaran nya dimenangkan,” ujarnya.

Kelicikan dari oknum PNS tersebut juga terbilang mantab, sebab ia mengorganisir permainan tersebut dengan menggunakan tenaga salah seorang Pegawai Harian Lepas (PHL) di lingkungan BNPB. Selain itu, oknum PNS juga mengikutsertakan seorang wanita untuk memuluskan rencananya dengan berbagi tugas.

Lebih lanjut, dikatakan pengusaha tersebut, bahwa peran dari PHL, bertugas mengambil dokumen berupa Rencana Anggaran Biaya (RAB) dari BNPB sekaligus menjadi penghubung antara pengusaha dengan R. Sedangkan si wanita berperan untuk menyakinkan pengusaha agar bersedia memberikan sejumlah uang dengan menjual nama panitia.

Modus operandi ini diketahui setelah wartawan Buktipers.com melakukan pembicaraan langsung dengan PHL yang berinisial AJ di bilangan Cawang Jakarta Timur minggu lalu.

Sementara R berusaha meyakinkan bahwa dirinya tidak terlibat dalam masalah tersebut namun bersedia membantu pengembalian uang para pengusaha.
Ketika wartawan buktipers.com mempertanyakan nilai (jumlah) transfer dari pengusaha ke rekening R, dia pun mengelak dengan mengatakan tidak ada transfer.

Namun saat pengusaha mengatakan nilai nominal transfer tersebut, R pun terdiam dan selanjutnya membujuk Buktipers.com untuk berdamai. Selanjutnya, buktipers.com meminta agar perdamaian dilaksanakan di hadapan Polisi, R memohon agar hal tersebut tidak terjadi.

Dari penjelasan awal AJ, dimana ada aliran sejumlah dana ke panitia lelang yang kemudian disangakalnya sendiri dihadapan R, dapat diduga kuat bahwa R adalah aktor utama dari semua penipuan tersebut.

Untuk diketahui, R yang kini bertugas di Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan tindakan tidak terpuji.

Untuk itu dimohon kepada Inspektur Inspektorat Provinsi DKI Jakarta agar segera melakukan penyelidikan terhadap perbuatan tidak terpuji oleh oknum yang mantan Lurah tersebut. (Frans Samosir)