Siswi SMA Melahirkan Sendiri, Potong Ari-ari Bayi Pakai Pisau Dapur

0
184
Ilustrasi bayi. (Net)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Pagar Alam (Sumsel)

Seorang siswi SMA di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, berinisial BSB (17 tahun), nekat melahirkan anaknya seorang diri, dan memotong ari-ari menggunakan pisau dapur. Kemudian, pelaku tega membuang bayi yang baru dilahirkan itu ke belakang rumahnya.

Beruntung bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut berhasil selamat usai ditemukan warga terbungkus kresek di pinggir kali Desa Gunung Agung Pauh, Kecamatan Dempo Utara, Selasa (19/3) dini hari.

Aparat kepolisian pun berhasil menangkap pembuang bayi tersebut usai sepekan melakukan penyelidikan. Pelaku sekaligus ibu kandung bayi diamankan saat berada di kediamannya, Minggu (24/3).

Kasat Reskrim Polres Pagaralam, Iptu Acep Yuli Sahara, mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan pelaku mengaku telah membuang bayinya lantaran malu hamil di luar nikah bersama pacarnya yang merupakan seorang mahasiswa berinisial JM.

Pelaku BSB melahirkan seorang diri di kamar mandi rumahnya dengan alat seadanya. Bahkan, pelaku memotong ari-ari bayinya dengan pisau dapur. “Pelaku membuang bayinya atas inisiatif sendiri, tanpa diketahui pacar atau keluarganya. Lahiran sendiri dan potong ari-ari sendirian, pakai pisau dapur,” kata Acep, Senin (25/3).

Lantaran kondisinya masih belum stabil setelah persalinan, pelaku masih dalam perawatan dengan penjagaan petugas. Pelaku sendiri akan dikenakan pasal 308 KUHP dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.

Tak hanya itu, petugas juga berhasil mengamankan JM. Pacar korban yang tinggal di desa bersebelahan dengan pelaku BSB, dikenakan pasal 81 dan 82 Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman pidana minimal lima tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

“Pacar korban akan dikenakan pasal menyetubuhi anak di bawah umur. Tetapi dia tidak terlibat dalam kasus pembuangan bayi,” katanya.

Sumber : kumparan.com