Siswi SMP Ini Melahirkan di Kamar Mandi, Bayinya Dibuang di Pekarangan

0
927
Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono menjenguk bayi laki-laki yang dibuang ibunya, di RSUD Kediri, Kamis (26/11/2020). (Foto: iNews.id/Afnan Subagio)
Dijual Rumah

Kediri, buktipers.com – Seorang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kediri melahirkan seorang bayi. Karena malu, pelajar 15 tahun tersebut lantas membuang bayinya di sebuah pekarangan kosong milik tetangga.

Beruntung bayi mungil itu masih selamat, meski sudah 12 jam kedinginan. Bayi malang tersebut ditemukan warga dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Hasil penyelidikan polisi, bayi tersebut dibuang sendiri oleh ibunya, YG, warga Payaman Plemahan, Kabupaten Kediri, pada Rabu (25/11/2020). YG membuang bayi laki-laki itu sesaat setelah dilahirkan. Atas tindakan ini, YG diamankan polisi. Tak hanya YG, polisi juga mengamankan kekasih YG, IR (19).

Warga Tanjung Pagu, Kediri ini ditangkap atas dugaan pemerkosaan.

Kepada petugas, siswi SMP itu mengaku tega membuang buah hatinya karena malu memiliki anak di luar nikah.

Selama ini, dia menyembunyikan kehamilannya dari orang tua dan tetangga dengan cara memakai korset dan pakaian yang longgar.

Sementara, dalam proses persalinan, pelaku melakukan seorang diri di kamar mandi. Kemudian membuang bayi itu tak jauh dari rumahnya di pekarangan kosong di bawah pohon pisang. Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono pun ikut menjenguk bayi malang itu di Rumah Sakit Umum Daerah setempat.

Menurut dia, akibat perbuatannya ibu bayi diancam pasal 308 KUHP tentang Penelantaran Anak.

Sedangkan kekasihnya, dijerat pasal 81 dan 82 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2020 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumannya 15 tahun penjara. “Namun, karena masih di bawah umur, kedua tersangka tidak ditahan dan proses hukumnya dipercepat,” katanya.

 

Sumber : iNews.id