Sita 30 Batang Kayu, Satgas Pamtas Tangkap Pelaku Pembalakan Liar Hutan Sambas

0
1
Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas menangkap empat pelaku pembalakan liar di perairan Sungai Tengah, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. (Antara)
Dijual Rumah

Pontianak, buktipers.com – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 642/Kapuas menangkap empat orang pelaku pembalakan hutan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Keempat pelaku ditangkap saat melintas dengan perahu yang mengangkut kayu di perairan Sungai Tengah, di Dermaga Batu Berjamban, Kecamatan Paloh.

“Setelah diperiksa, keempat pelaku langsung dibawa ke Pos Sungai Tengah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, sedangkan barang bukti diamankan di Dermaga PT Cakra Khatulistiwa Prima dan dijaga oleh dua orang anggota Pos Sungai Tengah,” ujar Komandan Pos Sungai Tengah, Satgas Pamtas Yoni 642/Kapuas, Sertu Didik Cahyono di Sambas, Minggu (4/10/2020).

Dia mengatakan, penangkapan keempat orang ini bermula dari informasi yang diterima Satgas Intel Koopsdam XII Tanjungpura. Informasi yang disampaikan oleh masyarakat itu menyebutkan ada empat orang yang akan tiba di Dermaga Batu Berjamban.

Atas informasi itu, tim Pos Sungai Tengah bersama tiga warga setempat melakukan patroli di perairan Sungai Tengah. Dalam patroli, tim melihat perahu yang berisi kayu yang sudah dipotong.

Berdasarkan keterangan pelaku, kayu tersebut akan diolah menjadi bahan baku bangunan. Namun karena tak memiliki izin, kayu-kayu tersebut beserta keempat orang di perahu diamankan.

Total ada 30 batang kayu bulat berdiameter sekitar 20 centimeter jenis kayu campuran. Selain itu juga diamankan sebagai barang bukti yakni satu buah perahu, satu buah mesin perahu 15 PK, satu buah mesin pemotong kayu.

“Saat ini empat pelaku beserta barang bukti diserahkan kepada Polsek Paloh untuk proses hukum lebih lanjut,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id