SMK Negeri 1 Harian Hibur Pengunjung

0
877
Screenshot_20170626_103215

Buktipers.com, SAMOSIR – Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri, Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Harian menggelar Hiburan Tortor di tempat Wisata Sampuran Air terjun Efrata di Desa Sosor dolok Kecamatan Harian (25/6),

Pengunjung yang datang dari berbagai daerah, baik daerah Samosir dan luar Samosir disambut dengan tarian tor-tor budaya batak sehingga pengunjung merasa terkesan.

Pada kegiatan ini Siswa-Siswi SMK Negeri 1 memamerkan Souvenir khas budaya batak seperti Gelang bertulisan Air Terjun Efrata dan nama pengunjung, Tabu–tabu Parhalaan, Solup Kecil dan Besar, Tanduk Kerbau yang diukir kuliner serta menyajikan berbagai macam jenis makan tradisional budaya batak, antara lain Naniura, Naniarsik, Napinadar, Manggadong, Rujak, getuk ubi, Lampet, Kacang Rebus dan Es Buah.

Para siswa-siswi yang menyajikan tortor batak yaitu Toni, Agus Manik, Dion Tamba, Antonius Sihotang, Donius Situmorang, Lamro Sinaga, Vera Yumaiada sibatubara, Tiorodai Sihotang, Sulastri Sinaga, Enjel Limbong, Klara Miranda Malau, Uci Marsela Sinaga, Nuraini Sihotang, Helmi Pasaribu, Novita Sagala dan Anni sinaga.

Selain itu, ada juga khusus yang menjaga kuliner Sastra Wati Sihotang, Indah Claudia Sinaga, Purnama Sari Napitipulu, Tiurmaida Sinaga, Rosya Sihotang, Yuli Sinaga dan beserta siswi pengelola Souvenir Wartini Sihotang, Para siswa-siwi tersebut dibina oleh Budi Sakti Gultom, Ziko Harianja, Ingot Pangihutan Limbong, dan Rini sinaga.

Budi Sakti Gultom selaku guru tenaga pengajar di SMK Negeri 1 Harian, mengatakan kepada BuktiPers bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memancing daya tarik wisata serta untuk mengembangkan Wisata Sampuran Air Terjun Efrata, agar para tamu yang datang bukan hanya menikmati pemandangan keindahan wisata alam melainkan bisa terhibur dan mengetahui budaya tor-tor batak, karena para pengunjung yang datang adalah berbagai suku dan juga banyak tamu manca negara.

Budi sakti gultom menjelaskan bahwa biaya kegiatan kuliner dan souvenir pada acara yang berlangsung selama dua hari tanggal 25-26 Juni tersebut merupakan partisipasi para guru pembina SMK Negeri 1 Harian. Dinas Kebudayaan Kabupaten Samosir memfasilitasi sound system Dan tenda selama dua hari.

Para Guru SMK Negeri 1 Harian membina Para Siswa-Siswi bisa tampil disetiap acara serta bisa berkarya agar lulusan SMK Negeri 1 Harian siap membuat berbagai keterampilan yang layak jual, ujarnya.(Baktiar Pasaribu)