Soal Dana CSR Tambang Untuk Air Bersih, Ini Kata Plt. Kadis PU-PR Lingga

0
21
Foto lokasi pembangunan sumber air bersih.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Guna memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh warga Desa Marok Kecil yang saat ini sudah terlealisasi ke sebagian warga, khususnya di Dusun 01 Kampung Laboh, Pemerintahan Desa berharap adanya dana CSR dari perusahaan tambang yang sedang beraktivitas di wilayah Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga.

Kepala Desa (Kades) Marok Kecil, Rusdi yang akrab disapa Alai mengatakan “Alhamdulillah bang, sarana air bersih yang dibangun melalui program Dinas PU-PR Kabupaten Lingga untuk wilayah Kecamatan Singkep Selatan, meski masih dalam tahap percobaan, namun saat ini untuk wilayah Dusun 01 Kampung Laboh sudah berjalan lancar dan sudah dapat dimanfaatkan oleh warga”.

Terkait masalah penyelesaian pekerjaan yang dilakukan pihak kontraktor, katanya, tampaknya seperti sudah selesai hampir seratus persen, termasuk pemasangan pipa jaringan ke setiap rumah warga kampung Dusun 01 Laboh. “Dan Alhamdulillah juga untuk kelancaran air tampak sangat tidak jauh beda dengan PDAM Dabo Singkep dan untuk hasil airnya juga saat ini sangat menjanjikan dan tampak sangat bersih, “terangnya.

Berdasarkan program dan anggaran yang  terrealisasi di tahun 2021 ini masih terbatas, hanya pembangunan penampungan bak induk dan pemasangan jaringan pipa air bersih yang terpokus untuk kebutuhan warga Kampung Dusun 01 Laboh saja. Dan insa Allah untuk memenuhi kebutuhan seluruh warga Desa Marok Kecil yang mencangkup Dua Dusun, maka kita pihak desa berwacana akan mengajukan usulan permohonan penggunaan anggaran dana CSR dari perusahaan tambang, ungkapnya lagi.

“Rencana kita akan adakan musyawarah bersama perangkat desa dan perwakilan warga dalam waktu dekat ini, untuk membahas mengenai wacana dan inisiatif kita menggunakan anggaran dana CSR tambang yang sedang beroperasi saat ini digunakan untuk pengajuan pengadaan pipa jaringan air bersih guna memenuhi kebutuhan warga yang bermukim di Dusun 02 Remik, yang masih termasuk wilayah kerja Desa Marok Kecil yang menjadi beban tanggung jawab saya selaku Kades saat ini,”ujar Rusdi.

Mewakili masyarakat Desa Marok Kecil, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah terutama dalam hal ini Pemkab Lingga dan intansi terkait yang sudah berusaha keras memperjuangkan apa yang selama ini menjadi impian warga akan pentingnya sumber air bersih, tutup Rusdi.

Menanggapi rencana penggunaan anggaran CSR tambang untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk dua Dusun Desa Marok Kecil tersebut, Plt. Kadis PU-PR Kabupaten Lingga, Novrizal yang dikonfirmasi mengatakan “Alhamdulillah bang pekerjaan pembangunan sumber air bersih Desa Marok Kecil boleh dikatakan selesai dan laporan yang kami terima juga air sudah mengalir ke rumah-rumah warga”.

Lanjut Novrizal menjelaskan, terkait wacana pihak Desa Marok Kecil akan memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh warganya dengan menggunakan dana CSR tambang tersebut, hendaknya pihak Pemerintah Desa koordinasi dulu kepada pihaknya, sebelum itu diajukan.

Pasalnya, kita dari PU-PR  juga sudah mengajukan RAB  usulan kelanjutan kerjanya di pembahasan APBD-P Tahun 2021 ini. Dan insa Allah jika anggaran APBD Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2022 tercukupi, maka pekerjaan pemasangan pipa jaringan sumber air bersih akan dilanjutkan dengan perencanaan hingga sampai ke Desa Resang pusat ibu Kota Kecamatan Singkep Selatan, jelasnya.

Selanjutnya, disinggung terkait kapan dilaksanakan serah terima dan siapa pengelolaan kedepan, kata Novrizal, “Insa Allah pelaksanaan giat serah terima sekaligus peresmiannya akan digelar di bulan November bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Lingga, dan rencananya akan diresmikan langsung oleh pak Bupati Lingga”.

Untuk sistem pengelolaan kedepan nanti akan dibahas pada saat acara peresmian bersama Pemerintah Desa Marok Kecil, apakah nanti dikelola langsung oleh pihak Desa melalui BUMDES atau Kelompok. Dan menjelang waktu peresmian dan penetapan sistem kelolanya sementara ini warga dikasi menggunakan sumber air bersih tersebut secara gratis, tutup Novrizal.

 

(Zul /DL)