Soal Kecurangan Pemilu di Tapteng, Ini Kata Ketua Bawaslu

0
240
Ketua Bawaslu Tapteng, Setiawati Simanjuntak. (Foto/Job Purba)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Terkait kecurangan yang terjadi pada saat pemungutan suara, Ketua Banwaslu Tapteng, Setiawati boru Simanjuntak, mengaku, telah menerima laporan maupun pengaduan.

Pelaporan pelanggaran yang diterima Bawaslu Tapteng, yaitu setelah Pemilu serentak digelar, pada 17 April 2019 lalu, datang dari beragai kecamatan, seperti Kecamatan Banduamas, Barus, Barus Utara, Sorkam, Sorkam Barat,  Sarudik, Pinangsori, Pandan, serta Kecamatan Tukka, jelasnya.

Tingkat kecurangan Pemilu yang terjadi di Kabupaten Tapteng, yaitu pencoblosan berkali-kali yang dilakukan orang tertentu saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS), ungkapnya.

Baca Juga : Bawaslu Tapteng Rekomendasikan PSU di 11 TPS

“Kita menerima laporan kecurangan di beberapa TPS yang ada di 20 kecamatan di Tapteng, seperti ada beberapa oknum dan masyarakat serta ada juga penyelenggara Pemilu (PPS). Dan ada juga Pengawas Pemilu dan seseorang Kepala Desa yang melakukan pencoblosan melebihi dari satu kali,”papar Ketua Banwaslu Tapteng.

Sementara Anggota Bawaslu Sumut, Agus Salam Nasution, menghimbau, agar rekapitulasi suara di kecamatan yang bermasalah agar ditunda dulu, menunggu rapat pleno yang akan digelar Bawaslu Tapteng dengan mengkaji video yang viral, di media sosial.

(Job Purba)