Soal ‘Patok’ Rp250 Biaya Jasa Transportasi Ambulance, Sekdinkes Lingga Keluarkan Perbup dan Lampiran Biaya

0
962
Lampiran tarif pelayanan mobil ambulance dan mobil jenazah berdasarkan Peraturan Bupati Lingga No.23 Tahun 2019.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Lingga (Kepri)

Seperti berita sebelumnya, setiap pasien dikenakan biaya jasa transportasi yang dipatok Rp250.000 untuk wilayah Kecamatan Singkep Barat, khususnya dari Desa Tinjul ke RSUD Dabo.

Selain Dirut, Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri),  turut angkat bicara dan keluarkan lampiran Peraturan Bupati (Perbup).

Sebelumnya, disebutkan perwakilan warga, Ali Effendi, “Sekarang aneh jemput pasien menggunakan Mobil Ambulance dipatok 250 ribu rupiah untuk biaya jasa transfortasi ambulance, dan penjelasan salah seorang dari pihak RSUD Dabo menyebutkan, akan dimasukkan ke kas daerah,”ungkapnya.

Direktur RSUD Dabo, Dr Bukit Gultom juga angkat bicara dan menjelaskan melalui WhatsApp.

Patokan jasa pelayanan mobil ambulance berdasarkan Peraturan Bupati (Perbub) Lingga No.23 Tahun 2019.

“Terkait biaya transportasi ambulance, diatur dalam Peraturan Bupati (Perbub), kalau untuk penjemputan pasien, biasanya dilaksanakan mobil ambulance yang ada masing-masing wilayah kerja Puskemas untuk dirujuk ke – RSUD Dabo. Untuk ambulance, RSUD khusus mengantarkan pasien pulang ke rumah bila diperlukan oleh pihak keluarga karena ada juga menggunakan mobil/kendaraan sendiri,”jelas  Bukit Gultom, Senin (22/7/2019) siang.

Untuk penjemputan pasien, biasanya dilaksanakan ambulance yang ada di daerah tersebut, kecuali ambulance tersebut berhalangan, baru pihak dari Puskesmas meminta bantuan ke-RSUD menjemput pasien. Dan untuk ambulance kita (RSUD Dabo,red) bertanggung jawab untuk mengantarkan pasien yang kembali ke-rumah mereka, jika itu diperlukan, dan mengenai tarif layanan RSUD Dabo, sudah diatur dalam Peraturan Bupati No.23 Tahun 2019, jelasnya.

Baca Juga : ‘Dipatok’ Rp 250 Ribu Biaya Jasa Ambulance Antar -Jemput Pasien, Ini Penjelasan Pihak RSUD Dabo

Hal senada juga dikatakan Sekdinkes Kabupaten Lingga, Raffles, bahwa untuk biaya jasa transportasi ambulance sudah diatur dan ditetapkan jauh sebelumnya, dan acuannya Peraturan Bupati Kabupaten Lingga.

“Tarif biaya jasa transportasi ambulance sudah dicantumkan jauh sebelumnya. Ini semua desa tidak sama, tergantung pada jauh dan dekat jarak tempuhnya. Dan  semua sudah terlampir dengan jelas yang disertai lampiran Perbub tentang perubahan atas peraturan Bupati Lingga No.86 tahun 2017. Tentang tarif layanan RSUD Dabo Kabupaten Lingga yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan rumah sakit umum daerah,”tutup Raffles.

 

(Zulkarnaen)