Sosialisasi Saber Pungli di Jongkong, Pelayanan Publik Diingatkan Taat Hukum

0
245
Sosialisasi Saber Pungli di Jongkong.(foto/ist)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Kapuas Hulu (Kalbar)

Dalam rangka menciptakan pelayanan prima dan bersih dari budaya Pungli, Tim Saber pungli  Polres Kapuas Hulu melakukan sosialisasi di Kecamatan Jongkong, Kamis (27/12/2018).

Sosialisasi dihadiri Tim Saber Pungli Polres Kapuas Hulu, Kepala Bagian Perencanaan (Kabagren) Kompol Broto Sutopo, Kasi Propam Ipda Rajiman dan Kasiwas Polres Kapuas Hulu

“Dalam rangka memberantas pungutan liar yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu,  Tim Saber Pungli  Polres Kapuas Hulu gencar melakukan kegiatan sosialisasi,” kata Kasi Propam Polres Kapuas Hulu Ipda Rajiman menanggapi Buktipers.com, Jumat (28/12/2018).

Dikatakan Rajiman, sosialisasi bertujuan agar intansi pemerintah kabupaten maupun pemerintahan desa, memahami bahwa Pungli itu perbuatan yang dilarang secara hukum.

”Standar Operasional Prosedur (SOP) dan tidak ada biaya-biaya tambahan yang dipungut dari pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Kabagren Polres Kapuas Hulu, Kompol Broto Sutopo menambahkan, pelayanan kepada masyarakat mulai sejak lahir sampai meninggal dunia, seperti pelayanan kelengkapan surat kelahiran, sekolah, melamar pekerjaan dan bekerja sampai menjadi pejabat, hingga kematian, semuanya memerlukan pelayanan.

“Jadi tidak ada pungutan sedikit pun kepada masyarakat,” tegas Kabagren.

Dengan adanya sosialisasi Saber Pungli diharapkannya, agar pelayanan di pemerintahan kabupaten hingga pemerintahan desa ke depannya tidak ada lagi yang namanya Pungli.

”Pelayanan publik yang ada di intansi pemerintahan daerah maupun desa, jangan lagi ada yang namanya pungutan-pungutan di pelayanan publik,” tegasnya (Rj/Bayu)

 

Editor : Maris