Sungai Padang Meluap, Kota Tebing Tinggi Dilanda Banjir

0
13
Air menggenangi ruas jalan kota Tebing Tinggi.
Dijual Rumah

Tebingtinggi, buktipers.com – Tingginya curah hujan, mengakibatkan meluapnya air Sungai Padang dan mengakibatkan terjadi banjir, di 14 kelurahan yang berada di 5 Kecamatan Kota Tebing Tinggi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Tebing Tinggi, Wahid Sitorus, kepada wartawan, Sabtu (28/11/2020), mengatakan, ada 3.538 unit rumah warga yang terendam banjir.

“Bantuan dari sejak kemarin sudah kita salurkan bantuan kepada warga korban banjir, berupa beras dan mie instan. Dan hari ini kita menyerahkan makanan  berbentuk roti,” katanya.

Sedangkan untuk antisipasi warga yang ingin mengungsi dari rumah terendam banjir, sambungnya, telah didirikan tenda-tenda dan posko kesehatan.Yang jelas karena debit air sangat ekstrim, maka langkah pertama kita melakukan evakuasi warga yang terjebak didalam air, katanya.

“Banyak warga yang terjebak dan kita sudah menurunkan perahu karet sebanyak 7 unit untuk evakuasi. Dan sementara ini, Basarnas juga sedang menuju ke daerah-daerah yang memerlukan evakuasi,” imbuhnya.

“Nah, untuk data terbaru terkait jumlah rumah yang terendam banjir hingga kini belum diketahui dan memang belum sempat untuk melakukan pendataan lagi karena saat ini kita masih fokus ditahap evakuasi dulu, ” ungkap Kepala BPBD Kota Tebing Tinggi, Wahid.

Meluasnya banjir ini mengakibatkan beberapa daerah di Kota Tebing Tinggi, mengalami lumpuh total.

Masih terlihat beberapa ruas jalan dan pemukiman penduduk masih di genangi air, seperti di Kecamatan Bajenis, seluruh aktivitas lumpuh total.

Seperti Pasar Sakti, Jalan Bulian, dimana air mencapai ketinggian 1 meter, ujar Heri (46), warga Lingkungan 3, Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi yang juga selaku Ketua LPM di Kelurahan Bulian.

Bantuan yang sudah diberikan menurut informasi yang diterima, sebut Heri, berupa beras dan mie instan yang diserahkan ke posko penampungan korban banjir.

 

(ML.hrp)