Surya Paloh Sesalkan Wali Kota Cilegon Dukung Petisi Penolakan Pendirian Gereja

0
3
Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (Iswahyudi/detikcom)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com  – NasDem menyoroti petisi penolakan pembangunan Gereja Maranatha di Cikuasa, Gerem, Kota Cilegon, yang ikut ditandatangani oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta. Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyesalkan sikap kedua pejabat pemkot tersebut.

“Menyesalkan langkah yang diambil Wali Kota Cilegon yang memberikan dukungan terhadap petisi penolakan pendirian Gereja HKBP di Kota Cilegon,” kata Surya Paloh dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2022).

Paloh mengatakan rencana pendirian Gereja HKBP di Kota Cilegon telah mendapatkan izin dari pemerintah desa dan masyarakat setempat. Dengan demikian, lanjutnya, pihak pemkot seharusnya dapat memberikan izin pendirian gereja tersebut.

“Sudah semestinya izin turun dari pemimpin kota. Jika pun masih ada masalah yang mengganjal maka selesaikanlah semua itu dengan penuh kebijaksanaan dan tanggung jawab sebagai kepala daerah yang harus berlaku adil terhadap seluruh warganya. Inisiasilah berbagai ruang dialog agar, selain masalah bisa segera selesai, musyawarah pun kembali menjadi tradisi dalam kehidupan sosial kita,” katanya.

Paloh mendorong aparatur negara, pemimpin berwenang, serta tokoh masyarakat turut berkontribusi dalam penyelesaian masalah ini. Dia mewanti-wanti potensi penggunaan politik identitas dalam kasus di Cilegon itu menjelang 2024.

“Sebisa mungkin kita redam segala potensi penggunaan politik identitas dalam kasus di Cilegon ini menjelang Pemilu 2024 nanti,” katanya.

Paloh pun memberi amanat kepada jajaran pengurus DPD Cilegon untuk proaktif terkait kasus ini. “Partai NasDem mengamanatkan kepada Pengurus DPD NasDem Kota Cilegon untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penyelesaian masalah yang terjadi lewat pendekatan-pendekatan politik kebangsaan,” ujarnya.

Paloh juga mengajak seluruh elemen bangsa, khususnya warga Kota Cilegon, turut menjaga ketertiban, ketenteraman, serta keharmonisan sosial di tengah kehidupan sosial.

“Partai NasDem mengajak seluruh warga bangsa untuk menghidupkan semangat dialog, toleransi, dan gotong royong dalam upaya menyelesaikan setiap masalah di tengah kehidupan sosial kita.

Diketahui, penolakan pembangunan gereja Maranatha di Cikuasa, Gerem, Kota Cilegon, terus menuai polemik. Penolakan ini berawal dari massa yang mengatasnamakan Komite Penyelamat Kearifan Lokal Kota Cilegon menggelar demonstrasi di Gedung DPRD Cilegon.

Demo itu terjadi pada Rabu (7/9) dengan tuntutan penolakan pembangunan gereja Maranatha di Cilegon. Polemik ini makin meruncing usai Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Wakil Wali Kota Sanuji Pentamarta ikut menandatangani petisi penolakan pendirian gereja tersebut.

Sejumlah tokoh bersuara perihal polemik tersebut. Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun sampai memerintahkan dua menterinya untuk mencari titik temu penolakan pembangunan gereja Maranatha di Cilegon.

“Komennya Wapres soal hal ini supaya diselesaikan di tingkat hal yang lebih teknis, eksekutorial, dalam hal ini Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri,” kata juru bicara Wapres Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, kepada wartawan, Sabtu (10/9).

 

Sumber : detik.com