Tahun Ini, Kabupaten Samosir Targetkan 2000 Sertifikat Tanah

0
406
Kantor BPN kabupaten Samosir. (Foto/Stg)
Dijual Rumah

Buktipers.com – Samosir (Sumut)

Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional kabupaten Samosir, menargetkan 2000 sertifikat tanah dan 2000 pengukuran tanah, di tahun 2019 ini.

Kepala Kantor Pertanahan Samosir, Saut Simbolon,  kepada buktipers.com, di kantor BPN setempat, Jumat (12/04/2019) menjelaskan,  pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Samosir akan menargetkan penyelesaian pengukuran tanah sekitar 2000 bidang tanah.

Tanah yang akan disertifikatkan tersebut melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau yang biasa disebut Prona, katanya.

Saut Simbolon juga menegaskan, pembuatan sertifikat tersebut, merupakan program pemerintah yang sifatnya gratis.

Sertifikat tanah.

Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengurus kepemilikan tanahnya, BPN akan bekerja dengan maksimal dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Samosir, ujarnya.

Ia juga menyampaikan, untuk mempercepat program tersebut, pihak BPN hingga saat ini masih menyelesaikan pengukuran sekitar 2000 bidang tanah di berbagi dusun-dusun dan kecamatan-kecamatan se-kabupaten Samosir.

Saut juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam pengurursan sertifikat tanah di kabupaten Samosir.

Melalui program PTSL ini, BPN akan membantu masyarakat Samosir, demi  menjaga hak milik tanahnya dengan pembuatan sertifikat, tegasnya.

Saut juga menghimbau masyarat yang mau ikut dalam program PTSL ini agar memenuhi persyaratannya. Yakni KTP dan surat-surat tanah jika ada. Untuk biaya dalam PTSL ini gratis, dam masyarakat cuma dibebankan pengadaan patok batas, materai tiga buah, dan fotocopy berkas, ujarnya.

(Stg)