Beranda Nasional Tambang Emas Martabe Batangtoru Bersilaturrahmi Dengan Wartawan Sibolga – Tapteng

Tambang Emas Martabe Batangtoru Bersilaturrahmi Dengan Wartawan Sibolga – Tapteng

207
0
IMG-20180314-WA0104
Loading...

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Kehadiran PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe yang beroperasi di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan sangat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.
5 program yakni infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian dan pengembangan usaha lokal.

Hal ini dijelaskan oleh Manejer Comunity Development, Rina Simanjuntak pada pertemuan yang dihelat bersama wartawan Sibolga Tapteng, Rabu (14/03/2018).

” PT Agincourt Resources, secara konsisten terus berupaya memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat, salah satu pemangku kepentingan utama yakni masyarakat yang berada di lingkar tambang.Sebagai pihak PT Agincourt Resources, meyakini bahwa kesuksesan jangka panjang Tambang Emas Martabe sangat bergantung pada dukungan dan kepercayaan masyarakat .Tambang Emas Martabe akan terus memacu inisiasi berbagai program yang berkontribusi bagi pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. Kepercayaan, saling menghormati, kemitraan aktif, komitmen kerja sama, dan pencapaian pembangunan berkelanjutan merupakan penerapan nilai-nilai PT Agincourt Resources yakni Growth, Respect, Excellence, Action dan Transparency.”Tuturnya di hadapan Puluhan wartawan.

Baca Juga!  Baliho Terkesan Dibiarkan, Pelajar Bingung Nama Gubsu

Dia juga menjelaskan Pada bidang infrastruktur, Tambang Emas Martabe berkontribusi terhadap pembangunan.”Kita telah membangun Masjid Raya Al-Jihad di Kecamatan Muara Batangtoru, pembangunan sistem air bersih, pembangunan jembatan gantung Rambin Pulogodang.Tak hanya itu, Tambang Emas Martabe juga berperan untuk merenovasi toilet-toilet umum, gedung Pemerintahan, Puskesmas, dan fasilitas kemasyarakatan lainnya.”Jelasnya.

Pada bidang kesehatan, Tambang Emas Martabe tidak berhenti memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat melalui bantuan fasilitas Posyandu dan Puskesmas di sekitar operasional tambang. Berbagai pelatihan bagi para pengelola fasilitas kader kesehatan dan juga pengetahuan nutrisi gizi. 

Dan untuk bidang pendidikan, baru-baru ini ,Tambang Emas Martabe juga memberikan beasiswa Martabe kepada siswa yang berprestasi di kecamatan Batangtoru.Selain beasiswa, perusahaan juga membangun Taman Baca Anak sebagai pusat peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta perbaikan berbagai fasilitas pendidikan di sekolah-sekolah, tempat kreatifitas anak sekolah dengan membangun”Sopo Daganak”dengan biaya pembangunan mecapai sebesar 6,5 Milyar. 

Baca Juga!  HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Tebing Tinggi

Sedangkan Pada bidang pertanian, Tambang Emas Martabe memiliki banyak kelompok tani binaan yang telah berhasil mengembangkan dan memasarkan hasil seperti Kelompok Tani Mulia Bakti dari Desa Sumuran dengan jagung pipil.
Tambang Emas Martabe juga menginisiasi pengelolaan sampah terpadu, bekerja sama dengan para pemuda lokal (Naposo Nauli Bulung).

Program bertujuan membangun kesadaran masyarakat bahwa jika sampah dikelola dengan baik dapat memberikan manfaat ekonomis seperti menjadi pupuk organik. Produksi pupuk organik dapat digunakan kembali oleh kelompok tani binaan Tambang Emas Martabe. (Job Purba)

Loading...