Beranda Serba Serbi Tanaman Jenis Pohon Durian Dan Mahoni Dikawasan Hutan Konservasi (HCV) / NKT-6...

Tanaman Jenis Pohon Durian Dan Mahoni Dikawasan Hutan Konservasi (HCV) / NKT-6 PTPN 3 KBDSL, Dinilai “Hidup Segan Mati Tak Mau”

300
0

BuktiPers.com – Asahan (Sumut)

Komitmen Perkebunan Kelapa Sawit PTPN 3 Kebun Bandar Selamat (KBDSL), Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, dalam pengelolaan kawasan dengan Nilai Konservasi Tingga (NKT) areal yang di identifikasi sebagai kawasan NKT-6 dengan konsentrasi pengelolaan kawasan cagar budaya dan kearifan lokal terpantau tidak di kelola serius berdasarkan prinsif kehati-hatian.

Hal tersebut diunggapkan oleh Bakti Marpaung, aktivis dari organisasi non pemerintah DPC LKTR Jokowi Jk Kab. Asahan kepada Buktipers.com, saat meninjau kawasan NKT di Afd 3 PTPN 3 KBDSL baru baru ini.

“Hasil pantauan langsung pengelolaan pada kawasan Nilai konservasi Tinggi (NKT-6), dilokasi itu Ditandai dengan berdirinya sebuah plang yang bertuliskan kawasan HCV, NKT-6, namun, tidak terpantau disana rekam jejak pengelolaan siklus hayati yang serius” cetus Bakti.

Baca Juga!  Gawat...!!!!!, Sepasang ABG Asal Batubara Tertangkap Bermesraan Di Lokasi Masjid Agung Ahmad Bakrie

Diuraikannya lebih lanjut, coba kita amati lingkungan sekitar kawasan ini, dengan menghunjuk pada sebuah batu yang diberi atap dari seng, itu cagar budaya lokal dengan sebutan “Batu Babi”, yang katanya menyimpan mitos masa lampau dilokasi ini, kondisinya kumuh tanda tidak terawat dan disini juga dapat kita saksikan beberapa tanaman pohon kayu durian serta Mahoni (tinggi poho. Sekira 1 m, dan diameter batang 1cm), ditanam dibawah kanopi dedaunan pohon kelapa sawit TM (Tanaman Menghasilkan) sekira Th 2003, sekitar daerah sumber mata air yang membentuk aliran sungai kecil ke kawasan pemukiman perumahan karyawan.
Kondisi tanaman kayu ini katanya ditanam sejak tahun 2010 silam, tampak kerdil, sepertinya “hidup segan mati tak mau”, jelas bakti.

Baca Juga!  Aksi Pelaku Curanmor Berakhir Di Tangan Petugas Polsek Kota

Terpisah, asisten kebun PTPN 3 KBDSL Afd 3, Pardede saat dikonfirmasi dikantornya, mengatakan jika tanaman kayu durian dan mahoni dikawasan NKT-6 Tersebut mendapat banyak gangguan Hama tanaman.

Pohon durian dan mahoni itu sudah bebetapa kali ditanam dikawasan itu, tetapi banyak yang mati karena gangguan hama, terutama ternak warga sekitar kebun yang kerap memakan daun pohon durian dan mahoni itu.
Sambil menunjuk ke suatu tempat sekitar kantor, itu juga masih ada bibitnya sebagai cadangan/pengganti, jelas Pardede.

Sejatinya perusahaan BUMN industri kelapa sawit PTPN 3 KBDSL yang ditengarai telah menjadi perusahaan go Internasional, dengan motto “Jujur, Tulus, Iklas”, dengan menyandang sederetan sertifikasi profesional semua bidang, menjadikan tanda tanya besar tentang, akurasi, objektifitas, dan transparansi dalam uji kompetensi dan evaluasi lingkup manajemen sesuai dengan kriteria sertifikasi yang dibutuhkan.(Dirman)

Loading...