Tanggapi Restu kepada Prabowo untuk Pilpres 2024, Jokowi: Silakan Tafsirkan

0
1
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menhan Prabowo Subianto (Foto : Ist)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi anggapan yang menyebut dirinya memberikan sinyal dukungan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Jokowi mempersilakan publik menafsirkan sendiri.

“Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan nggak begitu. Ya, silakan,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat (12/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Jokowi mengatakan sistem demokrasi memang seperti itu. Tidak mungkin dirinya, sebagai presiden, mengatakan tidak ketika ada yang hendak maju dalam pilpres.

“Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja,” kata Jokowi.

Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto diharapkan maju sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas Partai Gerindra, yang dihadiri 8.500 kader, Jumat, menghendaki Prabowo maju sebagai capres. Rapimnas itu digelar di Sentul International Convention Center, Jawa Barat.

Muzani mengatakan salah satu hal yang melandasi suara kader Gerindra bulat mendukung Prabowo sebagai capres ialah karena sosok mantan Pangkostrad itu dinilai populer dari hasil survei dan tidak pernah bergeser dari komitmen menjaga keutuhan negara RI.

Sebelumnya, Jokowi dikabarkan telah memanggil dan menanyakan empat menterinya perihal pencalonan di Pilpres 2024.

Dari keempat menteri yang dipanggil, tiga menteri menyatakan siap maju. Menariknya, Prabowo yang menjawab akan maju atas izin Jokowi.

Hal itu diungkapkan politikus senior PDI Perjuangan, Panda Nababan.

Panda menuturkan Jokowi sudah mengumpulkan menteri-menterinya dan bertanya soal hasrat mereka maju Pilpres 2024. Sejumlah menteri menyatakan keinginannya untuk bertarung di Pilpres 2024 ke Jokowi.

“Presiden Jokowi, yang kudengar cerita, dia sudah tanya Airlangga (Menteri Koordinator Perekonomian), mau maju nggak jadi Presiden, jawab Airlangga maju,” kata Panda dalam acara Adu Perspektif dari sebuah portal nasional, seperti dikutip Jumat (12/8/2022). Jokowi juga menanyakan hal yang sama kepada Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Bahkan, Jokowi juga sudah bertanya kepada Ketua DPR Puan Maharani.

“(Jokowi) tanya Sandiaga Uno, Sandiaga Uno bilang maju. Dia tanya Erick, maju. Dia tanya Puan, maju,” kata Panda.

Menteri Pertahanan Prabowo juga sudah ditanya oleh Jokowi. Namun memang jawaban Prabowo tak seluas 4 tokoh lainnya.

“Dia tanya Prabowo, dia bilang, ‘Kalau ada izin bapak’, kata Prabowo,” ujar Panda.

 

Sumber : iNews.id