Tebing Tinggi Raih Penghargaan Kota Sehat

0
430
20171128_142213
Dijual Rumah

BuktiPers.Com – Tebing Tinggi (Sumut)

Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menerima penghargaan Kota Sehat swasti saba tingkat Wiwerda yang diserahkan Menteri Kesehatan Prof Dr. dr. Nila Djuwita. F. Muluk di Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Selasa (28/11/2017) dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri

Penghargaan ini untuk kedua kalinya di terima Kota Tebing Tinggi tahun 2015 Tebing Tinggi memperoleh Kota Sehat Swasti Saba tingkat pertama Padapa, dan 2017 meningkat menjadi Swasti Saba Wiwerda.

Kab/Kota sehat Penerima Penghargaan yang kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forumkecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa/kelurahan.

Kota Tebing Tinggi pada saat ini telah melaksanakan 5 tatanan yaitu:

A.Tatanan Permukiman dengan Sarana dan Prasaran Sehat, seperti Taman Kota,Sekolah Adiwiyata (SMPN-7 dan SMPN-1),

Pengolahan makanan roti kacang (hj. Ellya Lubis), Pengolahan Kantin Bintang (SDN. No.163081 dan SD Swasta Qurrata’ayun), Ipal Sanimas yang dikelola masyarakat (Ipal Mekar Sentosa dan Ipal Satria) serta Bank Sampah dan Rumah Kompos.

B. Tatanan Sarana Lalu Lintas dan Pelayanan transportasi, zona aman anak sekolah pada SD.No.163081 dan SD Swasta Ir. H. Djuanda.

C. Ketahanan Pangan melalui Program Urban farming, D.Kehidupan masyarakat sehat mandiri (Puskesmas Rantau Laban Lansia dan Posyandhu) dan E.Kehidupan masyarakat sosial dan mandiri lewat penyaluran Raskin.

Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan, penghargaan ini adalah merupakan hasil kerja keras masyarakat Kota Tebing Tinggi sebagai stakeholder bersama-sama dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Penghargaan ini tentunya milik warga Kota Tebing Tinggi, yang sudah masuk dalam katagori tingkatan ke dua, kita berharap penghargaan ini bukanlah menjadi tujuan utama, tetapi dapat dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tebing Tinggi.

Sehat itu, merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang, untuk itu sudah selayaknya kita menjaga dan memeliharanya, karena dengan tubuh yang sehat akan berpengaruh untuk lebih giat lagi dalam berusaha meningkatkan kesejahteraan, ujarnya. (Hormianna/Red)