Terbengkalai, Sumur Bor PDAM jadi Lokasi Nongkrong di Malam Hari

0
166
Kondisi salah satu sumur bor, di Jalan HM Nur yang diduga tidak berfungsi lagi.
Dijual Rumah

Tanjungbalai, buktipers.com – Sumur bor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo Kota Tanjungbalai, di jalan Husni Thamrin, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, lumpuh total.

Instalasi sumur bor daerah itu, sudah tidak bisa berfungsi lagi dan dibiarkan begitu saja, sehingga dijadikan tempat mangkal anak muda, di malam hari.

Dampak lainnya, beberapa rumah tangga mengalami krisis air bersih.

Warga di sana memohon kepada pemerintah, agar PDAM Tirta Kualo tersebut secepatnya diperbaiki, sehingga pendistribusian air bersih ke rumah warga lancar kembali.

Karena program Pemko Tanjungbalai adalah mewujudkan Tanjungbalai yang religius dan berkarakter, sesuai dengan visi misinya “BERSIH” (Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis).

Informasi yang dihimpun buktipers.com, Rabu (4/9/2019), Air sudah hampir satu setengah tahun lamanya, mesin sumur bor tersebut rusak, namun tak kunjung diperbaiki.

“Kami bermohon agar pemerintah membaca, sehingga keluhan kami sebagai masyarakat yang bertempat tinggal disini bisa menikmati air bersih kembali,”ujar M Agung (35), warga jalan Husni Thamrin.

Hal senada juga dikeluhkan Acah Lubis yang akrab dipanggil Aca  (45) dan Poniman (50).

Mereka terpaksa membeli air kemasan (depot galon) untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sejak lumpuhnya sumur bor itu .

“Solusi utama mengatasi krisis air bersih buat saat ini hanya membeli air depot. Kami membeli air minum dan memasak nasi membeli air depot kebutuhan hari hari, “ungkap Aca diamini Poniman.

Untuk memenuhi kebutuhan mandi dan mencuci kami menfaatkan sumur dan air sungai. Itupun, sumur dan aliran sungainya tidak maksimal bersih. Kadang bersih, terkadang berlumpur dan berpasir, katanya lagi.

Sementara itu, IRPASI (Ikatan Remaja Pahang Sijambi) bermohon kepada Pemko Tanjungbalai untuk segera menegur Dirut PDAM Tirta Kualo agar mesin sumur bor segera diperbaiki.

Jangan dibiarkan terbengkalai, warga butuh air dan warga butuh kehidupan, tolonglah keluarga kami, katanya penuh harap.

Sementara itu, Maulana Juang Harahap SH mengatakan, lebih baik diganti saja Dirut PDAM Kota Tanjungbalai, karena tidak dapat memenuhi kouta air bersih di kota itu.

(MJH)