Terbukti Korupsi Pengelolaan Lahan TPU, Kadis Lingkungan Hidup Karo Diterapkan Tersangka

0
12
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo Radius Tarigan, dikawal tim Kejari Karo usai ditetapkan sebagai tersangka kasus pengelolaan lahan TPU di Desa Salit, Jumat (22/7/2022). TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD NASRUL
Dijual Rumah

Karo, buktipers.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo, menetapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karo Radius Tarigan, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Diketahui, Radius ditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi pengelolaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Desa Salit, Kecamatan Tigapanah.

Berdasarkan keterangan dari Kasi Intel Kejari Karo I L Nardo Sitepu, kasus yang menjerat Radius merupakan proyek pengerjaan yang menggunakan anggaran negara pada tahun 2019 lalu.

Saat itu, proyek yang dikerjakan oleh Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Karo, Radius bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Dari serangkaian pemeriksaan dan pengembangan, kita dari Kejari Karo menetapkan satu orang tersangka pada kasus dugaan korupsi pengelolaan lahan TPU di Desa Salit, dengan inisial pelaku RT,” Ujar Nardo, Jumat (22/7/2022).

Dijelaskan Nardo, adapun anggaran yang digunakan pada proyek pengelolaan lahan TPU ini sebesar Rp. 3.030.322.600.

Dari total anggaran tersebut, Nardo menjelaskan pihaknya menemukan adanya kerugian negara yang dilakukan oleh pelaku dengan perhitungan oleh tim ahli sebesar kurang lebih 500 juta rupiah.

“Dari hasil pemeriksaan dan perhitungan oleh tim ahli, pelaku ini menyebabkan kerugian negara sebesar lebih kurang 500 juta rupiah,” Ucapnya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Radius langsung dibawa oleh tim penyidik dengan pengawalan ketat ke Rumah Tahanan (Rutan) Kabanjahe.

Dari kasus ini, Radius akan dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 undang-undang Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun penjara.

 

Sumber : tribunnews.com