Terima Duit Jual-Beli Jabatan, Bupati Cirebon Buka Rekening Atas Nama ODGJ

0
184
Foto: Dony Indra Ramadhan
Dijual Rumah

Buktipers.com – Bandung

Hakim anggota dalam sidang kasus dugaan jual beli jabatan di Kabupaten Cirebon mengungkap Bupati Cirebon nonaktif Sunjaya Purwadisastra pernah membuat rekening atas nama orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Rekening itu dibuat untuk menerima uang dari para aparatur sipil negara (ASN) Cirebon terkait jabatan.

“Saat itu saudara menyuruh carikan orang gila untuk buat rekening. Orang gilanya difoto, dibuatkan KTP dan ditandatangani oleh Deni (ajudan Bupati),” tanya hakim Rojai dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (23/1/2019).

Pertanyaan hakim ini merujuk pada keterangan eks ajudan Bupati Sunjaya, Deni Saprudin yang sudah diperiksa. Sunjaya kala itu menyuruh Deni membuka rekening untuk menyimpan dana yang diterima dari ASN maupun rekanan Bupati Sunjaya.

Sunjaya yang hadir sebagai saksi untuk terdakwa Gatot Rachmanto, eks Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) justru membantah. Dengan singkat dia menyatakan tidak tahu.

“Saya tidak tahu,” kata Sunjaya.

Soal rekening ini juga diungkapkan oleh jaksa KPK. Berdasarkan berita acara pemeriksaan (BAP), Sunjaya membuka rekening untuk menerima uang dari ASN.

“Saya bacakan BAP saudara soal membuka rekening. Anda menyebutkan jangan tersimpan dalam satu rekening agar terpecah. Baik itu uang dari rekanan, hasil rotasi, mutasi dan promosi. Hal itu dilakukan agar tidak terketahui atau terlacak jika bupati memiliki banyak dana,” kata jaksa.

Sunjaya kembali membantah dan menyebut BAP tersebut keliru. “Saya pikir itu pernyataan ajudan. Pada saat saya periksa selanjutnya, saya baca banyak yang tidak sesuai, tapi memang saya menandatanganinya,” tuturnya.

Sumber : Detik.Com