Terkait Pemberitaan Isteri Oknum Anggota DPRD Mesuji Dimadu, Ini Komentar Sang Isteri Muda

0
302
IMG-20180324-WA0015
Loading...

BuktiPers.Com – Mesuji (Lampung)

Terkait dengan pemberitaan tentang keluhan istri dari salah satu oknum anggota DPRD Mesuji yang sempat viral di berbagai media tentang pengakuan IU (istri tua mustawi) pada waktu lalu kepada media yang membeberkan tentang prilaku suaminya yang telah lama pergi meninggalkan rumah kediaman dan ternyata suaminya telah berpoligami (menikah lagi) dengan wanita yang bernama Juan tanpa izin tertulis darinya.

Saat dikonfirmasi melalui sambung telpon kemarin lusa, Juan membantah terkait perkataan istri tua suaminya itu tidak ada yang benar.

“Apa yang dikatakan istri tua suami saya itu tidak ada yang benar, ketika dia menyatakan mau kondangan dan untuk  biaya anak sekolah nya tidak ada uang itu bohong. Karena yang menanggung itu semua adalah suami saya dan saya pun ikut membantu dengan uang pribadi saya saat suami saya sedang tidak punya uang dan saya punya bukti itu semua,” kata Juan.

Menurutnya sebelum Mustawi melakukan pernikahan lagi dengan dirinya itu sudah mendapatkan izin dari istri tua suaminya bahkan ada tanda tangan di dalam surat izin tersebut.

“Jadi semuanya nggak benar dan apa yang saya katakan pada saat ini itu sama seperti apa kata suami saya kepada saya,” ucap Juan yang mewakili Mustawi.

Sementara mengenai kondisi cara berfikir istri tua suami nya, Juan beranggapan IU (istri tua mustawi) memiliki kelainan dalan pola berfikir tidak seperti yang dimiliki orang-orang pada umumnya.

Baca Juga!  Miris..! Pemkab Pringsewu Diduga Alami Kebocoran Anggaran Milyaran Rupiah

“Kondisi fisik (pola fikir) istri tua suami saya itu tidak sama dengan kita pada umumnya, karena cara berfikirnya itu tidak normal. Ketika dia di depan saya seperti tidak ada permasalahan namun berbeda saat di belakang saya dan tentang tidak normal fikirannya itu masyarakat se Kabupaten Mesuji pun sudah pada tahu semua,” ucap Juan.

Sementara menanggapi hal tersebut, ketua DPRD Mesuji Fuad Amrullah mengatakan, mengenai salah satu oknum anggota DPRD Mesuji yang melakukan pernikahan lagi itu tidak ada urusannya dengan lembaga DPRD karena sejauh ini DPRD Mesuji belum menerima komplain maupun pengaduan dari istri tertua selaku pihak yang merasa dirugikan.

“Selagi istri pertama belum melakukan komplain kepada pihak DPRD Mesuji itu masih urusan pribadi yang bersangkutan,” ucap ketua DPRD Fuad saat dihungungi wartawan melalui sambung telpon.

Menurutnya menikah lagi itu tidak termasuk dalam pelanggaran kode etik, namun nanti jika pihak istri pertama mengadu ke DPRD Mesuji tentang adanya sikap suaminya yang dianggap menikah lagi tanpa ada persetujuan dari istri tua, baru nanti akan dilakukan tindakan.

“Atas dasar dari pengaduan istri tertuanya tersebut, maka kami akan ambil sikap dalam bentuk klarifikasi kepada yang bersangkutan,” tukas Fuad.

Dari pemberitaan sebelumnya Kisah pilu keharmonisan rumah tangga Mustawi A. Ma oknum anggota DPRD Mesuji, Lampung daerah pemilihan 2 yang diusung oleh Partai Nasdem yang pergi meninggalkan rumah diduga karena J (istri muda).

Baca Juga!  Diduga Perusahaan Ini Mengabaikan Hukum

Hasil wawancara BuktiPers.Com dengan narasumber IU (istri tua) saat temui di kediamannya, Jumat (16/03/2018) kemarin membeberkan kisah pilunya terkait kepergian suaminya (Oknum anggota DPRD mesuji) yang tak jelas keberadaannya.

“Bapak (Oknum anggota DPRD) pergi meninggalkan rumah sejak 18/12/2017 sampai sekarang belum tau kemana perginya, tidak taunya suami saya menikah lagi waktu itu sehabis hari raya idul fitri, terkadang pulang sekali untuk mengambil apa, dalam hal perekonomian mengurus anak kadang sedih karena tidak tau ntah bapaknya kemana apalagi kalau ada orang hajatan bingung duit darimana buat kondangan,” keluhnya.

Perihal izin terkait keiklasan maupun persetujuan suaminya untuk menikah lagi IU hanya memberikan izin secara lisan bukan tertulis.

“Kalau izin untuk menikah lagi secara tertulis tidak ada, hanya secara lisan,” ucapnya.

IU hanya bisa pasrah dengan kondisi bahtera rumah tangganya ditambah lagi perihal keiklasan hati untuk melepas suaminya menikah lagi, akan tetapi kejadian yang sudah menimpa rumah tangganya membuat IU tertanam kegelisahan.

“Pertamanya sih tidak iklas tapi sudah terjadi, ya lama-lama iklas, tadinya sih saya tidak ngizinin suami saya nikah lagi. Siapa yang ingin kalau suaminya nikah lagi,” gerutunya.

Baca Juga!  Diduga Ngebut Di Jalan Menikung, Vixion Vs Hino, Novan Hanafi Tewas

Terkait keabsahan dalam pernikahan, IU beberkan kedatangan J (istri muda) yang pernah datang ke rumah akan tetapi sewaktu ditanya J (istri muda) tidak bisa menunjukan surat-surat pernikahannya dengan oknum anggota DPRD tersebut.

“Saya tunjukin langsung buku nikah saya pada istri muda, ini surat nikah resmi saya, mana punya kamu (J),” cetusnya.

Tertuang dalam undang undang Pasal 2 ayat (1) UU No. 1/1974 tentang Perkawinan. Seseorang yang ingin melangsungkan pernikahan kedua kalinya atau ingin melakukan poligami haruslah mendapatkkan persetujuan dari pada istrinya, atau jika ia ingin menikah lagi tanpa ada persetujuan dari pada pasangannya, ia harus menceraikannya dan perceraian ini hanya dimungkinkan jika ada alasan yang diatur didalam peraturan perundang-undangan untuk menjadi alasan terjadinya perceraian.

Berkaitan dengan tindak pidana terhadap perkawinan diatur dalam Pasal 279 KUHP sebagai berikut :
1) Diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun:
a) barang siapa mengadakan perkawinan padahal mengetahui bahwa perkawinan atau perkawinan-perkawinannya yang telah ada menjadi penghalang yang sah untuk itu;
b) barang siapa mengadakan perkawinan padahal mengetahui bahwa perkawinan atau perkawinan-perkawinan pihak lain menjadi penghalang untuk itu.
2) Jika yang melakukan perbuatan berdasarkan ayat 1 butir 1 menyembunyikan kepada pihak lain bahwa perkawinan yang telah ada menjadi penghalang yang sah untuk itu diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun. (Tim/Red)

Loading...