Terkait Pengamanan Festival Danau Sentarum 2019, Ini Kata Kapolsek Batang Lupar

0
190
Ipda Egnasius.
Dijual Rumah

Kapuas Hulu, buktipers.com – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Batang Lupar, Ipda Egnasius menyatakan, Festival Danau Sentarum (FDS) Tahun 2019 yang akan berlangsung di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, pada tanggal 25 – 27 Oktober 2019 mendatang, dipastikan kondusif dan lancar.

“Dari sisi keamanan juga sudah terkoordinir dengan baik,”katanya saat ditemui wartawan, Kamis (24/10/2019).

Menurut Egnasius, kesiapan sudah semua, terkait jauh – jauh hari sudah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama Muspika (Camat, Danramil).

Selain personil Polsek Batang Lupar, katanya, pihaknya akan dibackup dari Polres Kapuas Hulu sebanyak 30 personil, dari TNI 1206/Psb dan Batalyon RK 644/Wls dan juga  Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan.

Dalam FDS ini, lanjutnya, pihaknya menitikberatkan pada teknik pengamanan lalu lintas, sehingga tidak semerawut yang mengakibatkan kemacetan.

“Rute – rute akan kita arahkan, tidak ada kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan,”tegasnya.

Dirinya berharap, Festival Danau Sentarum 2019 ini berjalan lancar dan aman, mulai dari pembukaan hingga berakhirnya festival.

“Semoga dari awal pembukaan hingga berakhirnya festival berjalan aman dan lancar, “harap Egnasius.

Disampaikan Egnasius, selain TNI – Polri serta komponen lainnya yang terlihat dalam pengaman, dilibatkan juga para tokoh adat masyarakat setempat dari tiga suku, yaitu Suku Dayak Iban, Suku Dayak Tamambaloh serta Suku Melayu.

Dikatakan Kapolsek, area kegiatan sudah disterilkan dari minuman keras (Miras), perjudian dan hal – hal yang berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan FDS.

“Kita tidak ingin ini menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung,”pungkasnya mengakhiri.

 

(Dre/Bayu)