Terkait Penolakan Berkas Paslon Beriman dan Trendy, Ini Kata Ketua KPUD Sergai

0
36
Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya.

Sergai, buktipers.com – Penolakan berkas pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Soekirman dan T. Ryan Novandi oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Jumat (4/9/2020) lalu, sekitar pukul 14:30 WIB, disebabkan tidak memenuhi persyaratan kursi.

Ketua KPUD Sergai, Erdian Wirajaya, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Sabtu (5/9/2020) mengatakan, penolakan berkas dukungan dari PAN Sergai, terhadap pasangan Soekirman – T.Ryan, disebabkan tidak memenuhi persyaratan kursi.

“Pasangan Beriman dan Trendy itu hanya mengantongi 8 kursi, yaitu Partai Nasdem 6 kursi dan Partai PKS 2 kursi. Sehingga belum memenuhi persyaratan. Sekitar pukul 22.15 WIB, dan masih di hari Jum’at (4/9/2020), berkas dukungan Beriman dan Trendy, belum dapat diterima,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sergai, Edi Gunawan mengakui, KPUD Sergai telah mengeluarkan surat penolakan terhadap dukungan koalisi partai untuk pasangan Soekirman – T. Ryan Novandi, dengan alasan tidak memenuhi persyaratan.

Sehingga jadi pertanyaan saat itu terhadap KPUD Sergai. Kenapa tidak diterima berkas dukungan dari partai koalisi untuk pasangan Soekirman dan Tengku Ryan.

Semestinya, KPUD Sergai saat itu bisa menerimanya dan melakukan pemeriksaan berkas satu persatu. Nah, jika ada kekurangan terhadap berkas tersebut, maka dapat diberitahukan untuk melengkapinya, ujar Edi Gunawan kepada wartawan.

Lanjut Edi, begitu juga dengan berkas dukungan dari PAN. Bahwa saat itu, ada surat dari DPP PAN terhadap kepengurusan baru, di DPD PAN Sergai.

Dimana Sukarman diangkat sebagai Plt. Ketua dan Sekretaris, Junaidi.

Sedangkan dukungan dalam bentuk B1- KWK dari DPP PAN juga ada. Tapi sangat disayangkan, tidak diterima oleh KPUD Sergai, dengan alasan tidak memenuhi persyaratan, ungkap Edi Gunawan lagi.

(ML.hrp)