Beranda Nasional Terkuak! Jimat yang Dibawa Peserta Tes CPNS di Sumenep Berbentuk Sabuk

Terkuak! Jimat yang Dibawa Peserta Tes CPNS di Sumenep Berbentuk Sabuk

123
0
Azimat di Pasar Rawa Bening Jakarta Gems Center, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (12/11/2019). [Suara.com/Muhammad Yasir]

Sumenep, buktipers.com – Peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, ada yang kepergok membawa jimat saat mengikuti computer assistet test (CAT) di Gedung SKD Batuan, Sumenep, Senin (27/1/2020).

Informasi yang dihimpun Suara.com, terdapat dua peserta yang kedapatan membawa jimat yang berbentuk sabuk. Hal ini terungkap saat para peserta diperiksa oleh petugas sebelum memasuki ruangan tes.

“Jimatnya berupa sabuk, ada dua peserta yang ketahuan,” kata Abd Majid, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Dari kejadian ini, Majid mengaku akan memperketat pemeriksaan terhadap peserta CPNS. Dia juga mengimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti aturan yang ada, seperti tidak boleh membawa alat tulis, kalkulator, jam tangan, perhiasan ke dalam ruangan.

Baca Juga!  Tertibkan Pedagang Satpol PP Nyaris Bentrok Dengan PKL

“Kami berharap ke depan tidak ada lagi peserta yang membawa yang aneh-aneh” katanya.

Dijelaskan, bahwa Tes CPNS kali ini dilakukan dengan benar-benar seteril, sebelum peserta tes memasuki ruangan dilakukan pemeriksaan oleh petugas menggunakan metal detektor dan juga tim saber pungli.

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan tes berjalan lancar dan tertib, agar ruangan benar-benar seteril. Sementara tujuan adanya tim saber pungli ialah agar peserta tidak percaya terhadap oknum yang menjamin kelulusan para peserta.

“Baik itu atas nama pejabat, ataupun anggota Dewan, Jangan percaya siapapun yang akan menjamin kelulusan peserta, sebab saat mereka keluar dari tempat tes, maka dia akan tahu lulus atau tidak,” ujar Majid.

Baca Juga!  Pemkab Karo Ajukan Kebutuhan 292 ASN untuk Tahun 2019, Terdiri Dari CPNS dan PPPK

Selain itu, tes CAT kali ini dilengkapi dengan CCTV di berbagai lokasi baik di rungan maupun di luar ruangan.

Untuk diketahui tes CPNS ini akan dilaksanakan selama 10 hari mulai hari ini Senin (27/1/2020) hingga Rabu (5/2/2019). Jumlah peserta ialah sebanyak 6.352 orang, sementara yang dibutuhkan hanya 310 orang saja.

 

Sumber : Suara.com

Loading...