Ternak Ikan Bermatian Diduga Akibat Limbah, Warga Pantai Cermin Kanan Demo DLH Sergai

0
250
Massa mengatasnamakan Lembaga Swadaya Masyarakat - Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM-GMBI) Sergai saat berunjukrasa ke kantor DLH Sergai.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Puluhan warga Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), berunjukrasa di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sergai, Kamis (10/10/2019), sekitar pukul 13.15 WIB.

Puluhan warga tersebut, mengatasnamakan Lembaga Swadaya Masyarakat – Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM-GMBI) Sergai.

Dalam tuntutannya, massa meminta DLH Sergai agar menindaklanjuti adanya temuan limbah, di Dusun 1 Pantai Cermin Kanan, dimana budidaya ikan yang diternak warga banyak mati dan diduga akibat kena dampak limbah salah satu perusahaan.

Masyarakat Pantai Cermin terasa terjolimi dan banyaknya ternak ikan warga mati, karena terindikasi akibat dampak negatif dari PT Kurnia Lestari Sentosa yang diduga milik salah seorang pengusaha, bernama Salim.

Awalnya, banyaknya ikan siakap dan gerapu milik warga Dusun 1 Pantai Cermin Kanan yang dibudidayakan di kerambah dalam sungai yang ada di sekitaran Dusun 1 tersebut bermatian, kata salah seorang perwakilan pengunjuk rasa, Anton Sitanggang.

Perubahan air sungai menjadi hitam dan diduga limbah tersebut dari PT Kurnia Lestari Sentosa, kata Anton Sitanggang lagi.

Warga meminta ganti rugi atas banyaknya ternak ikan milik warga yang bermatian tersebut.

Orator dari perwakilan LSM-GMBI, Anton Sitanggang,  dengan keras mengatakan, pihak Dinas Lingkungan Hidup, tidak bekerja.

Pada saat itu nuga, Kepala DLH Sergai, Panisean Tambunan, langsung berdialog dengan perwakilan masyarakat Pantai Cermin Kanan, di ruang kerjanya.

Dan dia pun berjanji akan menindaklanjuti tuntutan warga dan turun langsung ke lapangan.

(ML.hrp)