Beranda Lintas Provinsi Terungkap, di Sumsel Ada 80 Bahasa Pengakuan

Terungkap, di Sumsel Ada 80 Bahasa Pengakuan

324
0
Foto bersama usai acara.

PALI, buktipers.com – Muhammad Irsan S.S M.Hum, selaku pemateri dari Balai Bahasa Sumsel, mengatakan, terdapat 80 bahasa pengakuan, di wilayah Sumatera Selatan.

Pernyataan ini, dikemukakannya pada hari pertama penyuluhan Bahasa Indonesia, di gedung Pesos Komperta Pendopo Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rabu (16/10/2019).

Ke-80 bahasa pengakuan tersebut, merupakan penyaringan dari 7 daftar bahasa dari berbagai daerah yang ada di Sumatera Selatan, yakni bahasa Melayu, bahasa Lematang, bahasa Komering, bahasa Ogan, bahasa Kayuagung, bahkan Pedamaran dan bahasa Jawa, sampai tahun 2019.

Sedangkan untuk keseluruhan wilayah Indonesia, terdapat 744 bahasa pengakuan.

Dan jika digabungakan seluruh dunia, terdapat 6500 bahasa pengakuan hingga saat ini, jelasnya.

Baca Juga!  Antisipasi Virus Covid-19, Ini Dilakukan Koramil 426-02/Menggala

Sementara, Nurul Fallah SH, selaku ketua PWI PALI, mengatakan, pelajaran selama tiga hari ini, yang diikuti 40 wartawan kabupaten PALI, merupakan ilmu yang sangat berguna bagi rekan-rekan jurnalis.

Selain menimbah ilmu, juga diajari dalam menulis ejaan bahasa yang baik dan benar, katanya.

Dia pun berharap, agar didalam pemberitaan di media yang ada di kabupaten PALI akan lebih baik lagi, karena wartawan terus dibekali, mulai etika berbahasa yang baik dan benar dan juga diadakannya uji kompetensi wartawan.

 

(Dedi S)

Loading...