Beranda Sumut Tidak Dapat Bantuan, Puluhan Emak – emak Geruduk Kantor Desa Mangga Dua

Tidak Dapat Bantuan, Puluhan Emak – emak Geruduk Kantor Desa Mangga Dua

1702
0
Kades Mangga Dua saat dikerumuni emak - emak.

Sergai, buktipers.com – Ingin menuntut hak mereka, puluhan emak – emak geruduk kantor Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) pada Jumat (22/5/2020) lalu.

Mereka ingin meminta keadilan dan pemerataan mendapatkan bantuan Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sembako.

Pasalnya, ibu – ibu yang melakukan orasi tersebut, mengaku tidak pernah sama sekali mencicipi bantuan apapun.

Diungkapkan Seri Rahayu (46), warga Dusun II Desa Mangga Dua, dia datang ke kantor desa, membawa Kartu Keluarga (KK) dan KTP karena selama ini nggak pernah menerima bantuan apapun, sedangkan suaminya kerja buruh harian.

Dirinya mengaku, dulu pernah ada bantuan beras bulog, habis itu gak pernah dapat bantuan lagi.

Baca Juga!  PT.Sago Nauli Bantu Pembangunan Masjid Al-Ihsan Desa Muara Pertemuan  

“Saya mempunyai 4 orang anak dan berharap kepada Pemerintah, baik Pusat maupun Kabupaten, juga Desa, agar jangan pilih kasih. Kami pun terdampak Covid-19, mohon Pak Bupati agar perhatikan kami, saya pun tak punya sawah, jadi adil lah sama kami, “katanya.

Di tempat terpisah, Lusiana (32), juga warga yang sama, mengaku sama sekali tidak pernah menerima bantuan apapun.

Lusiana menilai bantuan yang disalurkan di Desa Mangga Dua, tidak tepat sasaran.”Kalau bisa adil dong dan bantuan itu dibagi merata, karena kita semua terdampak corona (Covid-19), “ucapnya.

Terkait tuntutan masyarakat itu, Kades Mangga Dua, Budi Santoso menyatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan. Ada sebanyak 255 KK penerima BST, sedangkan 112 KK merupakan data penerima BLT, namun bagi masyarakat yang memang belum terdata secara DTKS, kita akan upayakan. Dan saat ini, masih dilakukan perbaikan data, agar tidak terjadi tumpang tindih datanya, ujarnya.

Baca Juga!  Polisi Amankan Dua Lokasi Diduga Tempat Teroris di Sibolga

Menurut Budi Santoso lagi, hari ini Pemerintahan Desa Mangga Dua, rencananya akan menyalurkan sebanyak 549 paket sembako dari bantuan Pemprovsu. Sedangkan BST sudah kita laksanakan kemarin, katanya. Rencananya, TNI dan Polri, hari ini akan menyerahkan bantuan itu. Namun masyarakat meminta mendapatkan bantuan berupa uang tunai dan harus merata.

Sementara, masalah pendataan, Kepala Desa Mangga Dua mengatakan, untuk saat ini, DTKS sudah diperbaharui.

“Saya kan baru 4 bulan menjabat sebagai Kades. Jadi, data yang dipakai masih data lama, sedangkan data di tahun 2020, ada penambahan. Namun yang keluar tidak sesuai apa yang kami ajukan, “beber Budi Santoso.

(ML.hrp)

Loading...