Tidak Melalui Mekanisme Partai, DPD PAN Sergai Tolak Beriman dan Trendi

0
45
Pengurus DPD PAN Kabupaten Sergai, menolak pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Sergai, Ir H. Soekirman dan T. Ryan Novandi (Beriman dan Trendi) yang telah direkomondasi DPP PAN melalui formulir B 1 KWK.

Sergai, buktipers.com – Dinilai tanpa melalui mekanisme partai saat proses pendaftaran, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menolak pasangan bakal calon (Balon) Bupati  dan Wakil Bupati Sergai, Ir H. Soekirman dan T. Ryan Novandi (Beriman dan Trendi) yang telah direkomondasi DPP PAN melalui formulir B 1 KWK.

Penolakan tersebut, diputuskan melalui rapat Pengurus Harian DPD PAN Sergai dan Ketua DPC PAN se – Sergai yang langsung dipimpin Ketua DPD PAN Sergai, Drs H Sayutinur dan Sekretaris PAN, Ridwan Sitorus SE yang dihadiri Ketua MPP PAN Sergai, H Syahlan Siregar, Sabtu (29/8/2020) sore, tepatnya di kantor PAN, di Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Penolakan Soekirman dan T. Ryan, sempat diwarnai aksi pengurus DPD dan DPC PAN se Sergai dengan membentangkan poster penolakan salah satunya alasan karena selama proses penjaring pasangan Soekirman dan T. Ryan tidak pernah mendaftar ke Panitia Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Sergai, periode 2021-2024, sehingga dinilai tidak sesuai mekanisme partai.

Rapat tersebut sempat diwarnai kericuhan dari salah seorang Pengurus Harian yang berteriak keberatan di akhir rapat pleno DPD PAN dan DPC PAN se Sergai berakhir.

Bahkan H Soekirman, selaku Bupati Sergai yang datang tiba-tiba ke kantor DPD PAN Sergai, sempat berkali-kali meminta izin berbicara dirapat tersebut, namun ditolak dengan tegas oleh Ketua DPD PAN Sergai, H Sayutinur, hingga akhirnya meninggalkan kantor DPD PAN Sergai.

Ketua PAN Sergai, Drs H Sayutinur, membenarkan rapat pleno Pengurus Harian DPD PAN Sergai dan Ketua DPC PAN se Sergai, memutuskan menolak pasangan H. Soekirman dan T. Ryan Novandi yang telah direkomondasi DPP PAN melalui formulir B1 KWK.

“Adapun salah satu dasar penolakan balon Bupati Sergai, H. Soekirman dan T. Ryan Novandi, karena tidak pernah mendaftar ke Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Sergai ke DPD PAN Sergai, sehingga kami dengan tegas menolak paslon H Soekirman dan T. Ryan karena jelas-jelas bertentangan dengan aturan yang telah ditetapkan PAN, ” tegas Sayutinur.

Pihak DPD PAN Sergai dan DPC PAN se Sergai, imbuh Sayutinur, juga menegaskan akan menerima segala konsekuensi atas penolakan, karena penolakan dari kader  PAN Sergai, merupakan bagian dari menegakkan aturan PAN yang mengacu pada juknis dan juklak PAN.

Terkait kehadiran H. Soekirman, tiba-tiba disela rapat DPD PAN Sergai dan DPC PAN se Sergai, Sayutinur membenarkan, bahwa Soekirman yang datang tiba-tiba-tiba mengatasnamakan Bupati Sergai, selaku Pembina Parpol di Sergai, berkali-kali meminta bicara dalam rapat tersebut.

“Permintaan Pak Soekirman  untuk berbicara di rapat yang tengah berlangsung dengan tegas saya tolak, terlebih kehadiran beliau secara tiba-tiba dan tanpa diundang, ” pungkas Sayutinur.

(ML.hrp)