Beranda Serba Serbi Tidak Memiliki Lahan? Dinas Pertanian Asahan Perkenalkan Berkebun Dengan Sistem Hidroponik.

Tidak Memiliki Lahan? Dinas Pertanian Asahan Perkenalkan Berkebun Dengan Sistem Hidroponik.

310
0
IMG_20180315_213517

Buktipers.com – Asahan (Sumut)

Dinas Pertanian Pemkab Asahan memperkenalkan pola bercocok tanam dengan sistem hidroponik dengan medio pipa paralon. Hal ini diperkenalkan dalam acara Asahan Ekspo 2018 yang langsung di buka oleh Bupati Asahan dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dalam rangka HUT Kabupaten Asahan ke – 72, di lapangan PSBD Jalan Ir. Sutami Kelurahan Sidomulyo, Asahan, Sumut, Kamis (15/3/2018).

Kadis Pertanian Kabupaten Asahan Huzairin saat berbincang-bincang dengan Buktipers.com menyebutkan tanaman dengan pola Hidroponik ini bertujuan untuk masyarakat yang hobi bercocok tanam namun memiliki lahan yang sempit.

“Saat ini kita bisa menanam sayuran seperti kangkung, seledri, cabai, sawi serta tanaman lainnya dengan tekhnik hidroponik. Jadi sistem ini untuk masyarakat kota atau Urban Farming” jelas Zairin.

Baca Juga!  Persatuan Wanita Pertamina Rantau, Terima Kunjungan Team PKK Dekranas Aceh Tamiang

Zairin menambahkan Urban Farming atau pertanian kota adalah salah satu gagasan untuk memodifikasi pertanian konvensional ke pertanian perkotaan. Konsep sederhananya adalah menyulap lahan perkotaan yang terbatas seperti pipa paralon.

“Semua proses budidaya, penanaman dari bibit hingga siap panen hanya menggunakan medio Pipa Paralon yang hanya menggunakan air. Ada beragam sistem bercocok tanam di lahan terbatas. Mulai akuaponik, hidroponik, hingga di dalam pot dan polybag. Namun cara ini cukup efektif, selain ramah lingkungan tekhnik pertanian ini juga tidak memerlukan lahan pertanian yang luas dan hasil panennya juga sama hanya berjarak sekitar satu minggu dengan bercocok tanam di tanah” jelas Zairin.

Pola bercocok tanam dengan pola ini banyak dikunjungi masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengunjungi stand Dinas Pertanian dan bertanya cara bercocok tanam dengan cara hidroponik ini. (Rahmat Darmaji)

Loading...