Tidak Takut Maut Mengancam, Anak-anak Nekat Menggantung Sampan di Sungai Bedagai

0
63
Anak-anak nekat menggantung sampan di Sungai Bedagai.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Belasan anak-anak asal Dusun I Desa Nagur Kampung Baru, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, asyik mandi-mandi dan menggantung sampan, di Sungai Bedagai, Selasa (10/8/2021).  Mereka tidak menghiraukan akan suatu waktu bisa merenggut nyawa mereka.

Anak-anak ini sengaja mandi menunggu di tengah sungai dan siap-siap untuk menggantung sampan, ketika sampan sedang lewat. Dan tidak peduli jika juragan (Tekong) sampan memarahi mereka.

Padahal, situasi seperti ini sangat membahayakan, dan bisa mengancam nyawa mereka sewaktu-waktu. Karena jika lengah, anak-anak ini akan tertabrak sampan, bahkan terkena kipas sampan yang sedang berputar dan hal itu bisa mengakibatkan kematian.

Menurut keterangan beberapa nelayan yang sedang berada di dermaga TPI Dusun I Desa Tebing Tinggi, anak-anak yang sedang mandi dan menggantung sampan tersebut tidak mengindahkan jika Tekong bersama awak sampan melarang mereka menggantung sampan dan hal ini sering terjadi.

Masih kata nelayan, beberapa tahun yang lalu, pernah terjadi peristiwa yang sangat mengerikan di Sungai Bedagai, yang mana seorang anak asal Desa Nagur, di saat sedang menggantung sampan mengalami kecelakaan.

Anak tersebut mengalami perut robek dan paha ikut robek di saat menggantung sampan terlepas dari pegangannya dan tersedot oleh kipas sampan yang lagi berputar, ucap para nelayan.

“Jadi, kita sebagai nelayan dan juga pengusaha sampan, berharap kepada Dinas Keamanan Laut, seperti POSMAT AL, Satpol Air, dan juga Syahbandar (KPLP) Tanjung Beringin tetap bersiaga untuk pengamanan di Sungai Bedagai, terutama kepada anak-anak yang sedang mandi-mandi di sungai dan menggantung sampan, di saat air pasang naik, agar tidak terulang seperti kejadian yang sebelumnya,”ucap nelayan.

 

(ML.hrp)