Tiga Perempuan Pengedar Sabu 13,5 Kg Divonis Penjara Seumur Hidup

0
165
Tiga pengedar sabu divonis seumur hidup/Foto: Deni Prastyo Utomo
Dijual Rumah

Buktipers.com – Surabaya

Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan vonis hukuman penjara seumur hidup kepada tiga pengedar sabu. Ketiga terdakwa yakni Aliefianti Amalia, Nina Arimawati, dan Amalia Munidawati Nura.

Majelis Hakim Maxi Sigarlaki menyatakan ketiga terdakwa terbukti bersalah karena telah mengedarkan sabu seberat 13,5 kilogram. Mereka melanggar Pasal 112 Ayat 2 juncto Pasal 132 Ayat 1 UU juncto No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menghukum pidana penjara selama seumur hidup untuk terdakwa Aliefianti Amalia, Nina Arismawati, dan Amalia Munidawati Nura,” kata Maxi di Ruang Sari I, Selasa(10/4/2019).

Mendengar vonis seumur hidup, ketiga terdakwa tidak kuasa menahan kesedihan. Mereka berpelukan sambil meneteskan air mata.

Tidak hanya Aliefianti, Amalia dan Nina, majelis hakim juga menjatuhkan vonis untuk dua terdakwa lainnya. Yakni Budi Santoso dan Enik Setiyawati. Kelima pengedar sabu tersebut merupakan satu komplotan.

Bedanya, Budi hanya divonis 20 tahun penjara. Sedangkan Enik menerima vonis 18 tahun kurungan.

Ketiga terdakwa yang divonis seumur hidup kemudian memohon hakim untuk membacakan nota pembelaan atau pledoi sebelumnya. Ia meminta kemurahan pengadilan untuk mengurangi masa tahanan.

“Tolong dibacakan lagi pledoi kami. Apakah tidak ada keringanan bagi kami majelis hakim,” kata Amalia.

Menanggapi permohonan tersebut, Maxi menyarankan para terdakwa yang keberatan dengan vonis bisa menggunakan hak hukumnya. “Silakan Anda menggunakan hak hukumnya, kalau mau banding masih ada waktu selama tujuh hari, kan sudah diberikan kesempatan,” pungkas Maxi.

Sumber : detik.com