Tim Pelaksana Inovasi Desa Gerakkan Kewira Usahaan Di Kecamatan Ulu Barumun

0
980
IMG-20180103-WA0067
Dijual Rumah

Buktipers.com Palas (Sumut).

Dalam rangka mendorong laju perekonomian sekaligus memacu potensi Sumber Daya Manusia Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas fokus terhadap Gerakan Kewira Usahaan.

Hal tersebut dijelaskan Ketua TPID Ulu Barumun Ramlan Hidir Daulay kepada Buktipers ketika mengunjungi salah satu Wira Usaha Bengkel Karya Sahabat milik Mhd Partaonan Lubis di Desa Tanjung Ulu Barumun Rabu ( 03/01 ) yang mampu memproduksikan beberapa jenis karya seperti pembuatan Bak Robot perontok dan pengupas Padi, Gilingan Kopi, Gilingan Pakan Ternak, Bak Beca bermotor dan juga Bak truk minibus.

Hal seperti inilah yang harus kita motivasi di setiap Desa, banyak masyarakat yang memiliki keahlian, bakat dimana SDM seperti ini harus kita berikan inovasi sehingga dengan keahlian serta bakat yang mereka miliki mampu mendorong peningkatan ekonomi keluarga serta daerahnya pungkas Ramlan.

Lebih lanjut dijelaskan, Kami yakin dengan kehadiran TPID ini, potensi daerah khususnya di setiap Desa akan terangkat secara profesional dan terarah, sehingga pencapaian kesuksesan setiap Kewira Usahaan yang di kelola tersebut dapat berjalan sesuai mekanismenya, karena disamping panduan dari TPID si Pelaku usaha tersebut akan mendapat arahan dari petugas Pendamping Desa (PD) dan Pedamping Lokal Desa (PLD) dimana kehadiran TPID di Ulu Barumun ini sama dengan mengangkat batang terendam.

Adapun Struktur Tim Pelaksana Inovasi Desa di Ulu Barumun yakni Ketua Ramlan Hidir Daulay, Bendahara Muhlida Erianti Hasibuan, Anggota : Parhimpunan Hsb, Ahmad Rosadi Dly, Janri Anto Siregar, Robiatul Adawiyah Hsb, Rukiah Daulay, dan untuk Koordinator dari Pendamping Desa Saharuddin Sahala Hsb SH, Kholida Sari SP. Serta untuk Pendamping Lokal Desa : Fitri Julida Nst SEI, Rosdeliana Pulungan SPd, Suhailah Rangkuti SPd, Asnan Habib Amd.

Pembina TPID Pemerintah Kecamatan Ulu Barumun, pada saat kunjungan di hadiri Sekretaris Camat Mukhlis Daulay SH kepada Buktipers juga turut memaparkan bahwa program TPID di laksanakan sesuai Surat dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor : 062/DPPMD /IX/2017 tertanggal 12 September 2017, yang menjelaskan sebagai perwujudan Amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa dilaksanakan secara makro dan bertahap harus mampu menggerakkan pembangunan dan aktifitas perekonomian Desa desa dan harus mampu mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa .

Kehadiran TPID tentu merupakan suatu kebanggaan buat kita, Namun semua ini tidak akan berjalan lancar tanpa ada dukungan dari pihak Pemerintah khususnya Dinas Koperasi dan Perindag, dan yang paling perlu di perhatikan untuk kelancaran terlaksananya Bursa Inovasi tersebut tidak terlepas dari persiapan dan modal ujar Mukhlis.
(Bonardon/Red).