Beranda Kriminal Tinjau Peternakan di Toba, Jokowi Janji Tambah Sapi Belgian Blue

Tinjau Peternakan di Toba, Jokowi Janji Tambah Sapi Belgian Blue

82
0
Jokowi meninjau proyek percontohan peternakan sapi Belgian Blue di Kabupaten Humbang Hasundutan. (Ray Jordan/detikcom)

Humbang Hasundutan, buktipers.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi proyek percontohan pengembangan peternakan sapi Belgian Blue di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut). Ada tiga anak sapi yang didatangkan ke lokasi itu dan Jokowi berjanji akan menambah jumlahnya.

Lokasi peternakan percontohan tersebut ada di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Dalam kunjungan itu, Jokowi didampingi Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.

Ada tiga ekor anak sapi yang dikirimkan langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk Kabupaten Humbang Hasundutan. “Dari seluruh Indonesia, baru kabupaten kami yang menerima. Ini pertama di Indonesia,” kata Dosmar di lokasi peternakan, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga!  Diduga Over Dosis, Ismail Nekat Bakar Istri Dan Tetangga

Sudah tiga hari anak sapi itu berada di peternakan tersebut. Dosmar mengatakan sapi itu terlihat nyaman dan betah di peternakan tersebut.

“Sapinya happy di sini, karena udaranya juga bagus. Happy sekali sapinya, beratnya naik,” kata Dosmar.

Jokowi lalu menawarkan kepada Dosmar untuk menambah jumlah sapi jenis Belgian Blue yang benihnya didatangkan langsung dari Belgia tersebut.

“Masih bisa tampung? Sampai berapa kuat kapasitasnya?” kata Jokowi.

“Berapa pun yang dikirim kami siap, Pak,” jawab Dosmar.

“Benar? Kalau benar, nanti ditambah,” kata Jokowi.

“Benar Pak. Kami siap,” jawab Dosmar tersenyum.

Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan menambah jumlah sapi Belgian Blue untuk Kabupaten Humbang Hasundutan, yang berada di kawasan Danau Toba. Apalagi peternakan ini berkesinambungan dengan perkebunan yang ada di sekitarnya, sehingga kotoran sapi itu bisa jadi pupuk organik untuk perkebunan sekitarnya.

Baca Juga!  Berulang Tahun Hari Ini, Berikut 5 Kisah Hidup Jokowi yang Unik

“Sapi ini baru datang 3 hari, ini juga dari Menteri Pertanian, baru saja, baru tiga ekor, baru dicoba. Kelihatannya sapinya tadi pas ditanya (ke Bupati) happy dia, katanya senang. Oke, berarti tambah lagi. Karena dari sapi, dari kerbau, nanti kotorannya bisa dipakai untuk pupuk, arahnya organik seperti itu,” jelas Jokowi.

 

Sumber : detik.com

Loading...