Total 58 Adegan Diperagakan dalam Rekonstruksi Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Ada Baku Tembak

0
2
Total 58 adegan diperagakan dalam rekonstruksi penembakan enam laskar FPI pengawal HRS di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang. (Foto: SINDOnews/Nilakusuma)
Dijual Rumah

Jakarta, buktipers.com – Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek yang masuk kawasan Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari.

Total ada 58 adegan yang diperagakan di empat lokasi. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan rekonstruksi kasus dilakukan pada dini hari agar menyerupai kondisi sebenarnya di mana peristiwa tersebut terjadi pada Senin (7/12/2020) sekitar pukul 00.30 WIB.

Dia mengatakan 58 adegan memperlihatkan awal pengejaran hingga polisi melakukan tindakan tegas terukur.

“Di tempat kejadian pertama (TKP) pertama ada sembilan adegan, TKP dua maju lagi sekitar 600 meter ada di jembatan itu kami lakukan empat adegan,” kata Argo di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Dalam rekonstruksi ini, pada TKP pertama berlokasi di depan Hotel Novotel, Jalan Karawang Internasional. Lalu lokasi kedua bertempat setelah bundaran Jalan Karawang Internasional hingga Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek ke Rest Area KM 50.

Sedangkan di Rest Area KM 50 yang menjadi TKP ketiga penyidik melakukan adegan rekonstruksi sebanyak 31.

TKP terakhir yakni Tol Japek selepas Rest Area KM 50 hingga KM 51 200 penyidik memperagakan 14 adegan.

“Kemudian ke kilometer 50 di Rest Area itu yakni TKP ketiga kami lakukan ada 31 adegan. Setelah dari TKI tiga ke TKP 4 ada ada 14 adegan,” ucap Argo.

Rekonstruksi dimulai dengan adegan rombongan Habib Rizieq Shihab (HRS) sebanyak 10 mobil masuk Karawang melalui pintu Tol Karawang Timur. Saat itu ada mobil petugas yang membuntuti.

Ketika masuk bunderan Hotel Novotel mobil petugas dipepet mobil Avanza silver berisi anggota FPI. Usai mempet mobil petugas mobil Avanza langsung kabur. Namun tidak lama kemudian muncul mobil Chevrolet warna abu-abu langsung mengadang mobil petugas.

Kemudian empat orang dari mobil Chevrolet itu keluar dengan senjata tajam dan langsung menyerang mobil polisi berkali -kali.

Polisi merespons serangan empat laskar FPI dengan melepaskan tiga tembakan peringatan ke atas.  Kemudian keempat anggota FPI langsung masuk mobil, namun tak lama kemudian dua orang kembali keluar dari mobil.

Keluar dari mobil dua orang itu langsung mengeluarkan senjata api dan menembak mobil petugas.  Usai menembak mobil polisi, mobil Chevrolet silver itu langsung kabur. Saat itu polisi langsung menembak mobil tersebut yang kabur ke arah Tol Karawang Barat. Pada lokasi kedua, ada 10 adegan yang diperagakan.

Dalam adegan persis di Jembatan Badami terjadi baku tembak, namun laskar FPI berhasil kabur masuk tol ke arah Cikampek. Polisi kemudian mengejarnya.

 

Sumber : iNews.id