Beranda Sumut TPL Bangun Jalan Rabat Beton Sepanjang 100 Meter Menuju Dusun Gunung Pariama...

TPL Bangun Jalan Rabat Beton Sepanjang 100 Meter Menuju Dusun Gunung Pariama Nagori Sihaporas

56
0
Masyarakat bergotong royong membangun jalan menuju Dusun Gunung Pariama, Nagori Sihaporas. (Foto/Stg)

Simalungun, buktipers.com – Mendukung program nawacita Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun Indonesia dan memperkuat kabupaten yang dimulai dari pedesaan, pihak PT. Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk,  membangun jalan sepanjang 100 meter, dengan rabat beton, menuju Dusun Gunung Pariama, Nagori Sihaporas, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kamis (16/8/2019), lalu.

Management PT. TPL Tbk melalui Humas Sektor Aek Nauli, Bahara Sibuea mengatakan, perusahaan senantiasa membantu masyarakat di wilayah operasionalnya, karena perusahaan selalu menjunjung tinggi peraturan dan undang-undang yang berlaku dalam menjalankan kegiatannya.

Bahara Sibuea mengungkapkan, bahwa bantuan yang diberikan perusahaan kepada masyarakat Nagori Sihaporas ini, merupakan komitmen TPL, untuk membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Jalan tersebut dibangun dengan panjang 100 meter, lebar 3 meter dengan ketinggian 15 cm, yang bersumber dari dana community development (CD) PT. TPL.

Baca Juga!  Empat dari Lima ASN Tersandung Korupsi Dipecat Pemkab Karo

Bahara Sibuea berharap, agar jalan rabat beton ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga dan dijaga, agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Karena jalan ini merupaka jalan yang menghubungkan antar dua desa dan dua kecamatan, yaitu, Sidamanik dan Jorlang Hataran, katanya.

Pembangunan jalan ini, lanjutnya, tentu saja atas permintaan masyarakat kepada PT TPL dan atas persetujuan Kepala Desa setempat dan berkat kerjasama yang baik, serta komunikasi yang baik antar masyarakat dengan pihak perusahaan.

Barita P Manik, salah satu masyarakat Sihaporas, menyambut baik dan mengaku senang dengan pembangunan jalan rabat beton menuju kampungnya. Dan setelah adanya jalan rabat beton ini, masyarakat semakin mudah membawa hasil pertanian dari sawah masing – masing, ujarnya.

Baca Juga!  PT TPL Membuka Jalan Pertanian di Nagori Sihaporas

Kepada buktipers.com, Barita juga menurturkan, bahwa sebelum pembangunan rabat beton ini, kondisi jalan mereka kurang nyaman saat dilewati masyarakat. Karena jalan masih tanah dan tidak rata, apalagi pada saat musim penghujan, katanya.

“Di musim hujan jalan ini akan berlumpur dan becek, sehingga sulit dilewati kenderaan roda empat maupun roda dua. Dan aktivitas masyarakat menjadi terhambat. Contohnya anak-anak kami yang mau ke sekolah jadi terlambat. Belum lagi untuk mengeluarkan hasil pertanian dengan mobil dan sepeda motor sangat susah,”katanya.

Namun setelah TPL membangun jalan tersebut, masyarakat sungguh bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan itu, yaitu atas kepeduliannya kepada masyarakat Sihaporas, Kecamatan Sidamanik, ungkapnya.

Kami masyarakat Sihaporas, Kecamatan Sidamanik, berharap agar hubungan baik ini, terus terjalin. Karena TPL sangat peduli kepada masyarakat, dan kami akan tetap mendukung program dari TPL, ujar Barita.

Baca Juga!  LAMTORAS Tanami Lahan Konsesi TPL, Ini Tanggapan Pihak TPL dan Pangulu

Terpisah, T br Ambarita, juga mengatakan, bahwa masyarakat Nagori Sihaporas dengan jumlah penduduk sekitar 200 KK, yang sebagian besarnya bertani dan bercocok tanam, mengaku sangat merasakan manfaat jalan rabat beton ini. Sehingga mempermudah akses perjalanan warga menuju ke lading, katanya.

“Kami bersyukur dan senang dengan adanya pembangunan rabat beton di desa kami ini. Anak-anak lebih mudah untuk pergi ke sekolah dan kami pun juga lebih mudah saat ingin pergi bekerja dan aktivitas kami menjadi lebih lancar. Kehadiran TPL di kampung kami ini sangat terasa kepada masyarakat, kata T Br Ambarita.

(Stg)

 

Loading...