Tuppal Hutapea : 173 Desa akan Teraliri Listrik di Sumut, Termasuk Togabasir

0
211
Tuppal Hutapea.
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tapteng (Sumut)

Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Sumatera Utara, memastikan akan ada 173 desa di Sumut yang teraliri listrik.

Hal itu dikatakan Manajer Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan PLN Wilayah Sumut, Tumpal Hutapea saat diskusi tentang listrik desa, bersama Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Senin (11/2/2019), lalu.

Tuppal Hutapea saat dihubungi Buktipers.com biro Sibolga – Tapteng, mengatakan, bahwa rencana akan turun langsung ke lokasi titik pengerjaan di desa, termasuk di Desa Togabasir, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), minggu depan.

“Iya Lae, dalam waktu dekat ini, kita akan turun desa Togabasir, “tutur Tuppal Hutapea dalam pesan whatsapp-nya, pada Jumat (15/2/2019).

Sebelumnya, Menejer UPP PLN Sumut ini juga menyebutkan, bahwa di Sumatera Utara sendiri, ada 6.610 kelurahan/desa.

Dari jumlah itu, yang sudah berlistrik ada 5.837 kelurahan/desa. Sementara yang belum dialiri listrik ada 173 desa lagi, katanya.

“Inilah yang akan kita usahakan dialiri listrik tahun ini juga,” tuturnya dalam pertemuan dengan Anggota DPD tersebut.

Ia melanjutkan, dari 173 desa yang belum dialiri listrik tersebut, ada 65 desa yang listriknya akan dibangun oleh PLN. Sementara 50 desa akan dibangun lewat Program Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

“Sementara sisanya, 58 desa lagi sudah dibangun sejak tahun lalu, dan selesai pada April 2019 ini,” sebutnya.

Total anggaran yang disiapkan untuk pembangunan listrik tersebut Rp212 miliar. Dari jumlah anggaran itu, PLN menargetkan ada penambahan 22.600 KK pelanggan.

Hingga sampai saat ini, beberapa kendala yang dihadapi PLN,  sehingga masih adanya desa yang belum berlistrik dikarenakan akses jalan yang ektrem.

“Akses jalannya tidak bisa didahului roda empat, kemudian sulit mendapatkan izin penebangan pohon dan permasalahan lainnya adalah kurangnya mitra yang kompeten. Untuk lebih pastinya, saya akan turun langsung ke lokasi, “katanya lagi.

(Job Purba)