Uji Coba Ramp Door Pelabuhan Roro Jagoh, Ini Penjelasan Kabid Darat Dishub Lingga

0
20
Lokasi ramp door.
Dijual Rumah

Lingga, buktipers.com – Rehab ramp door Pelabuhan Roro yang terletak di Desa Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, telah rampung  dan kini masuk dalam tahapan uji coba kelayakan dan pelayanan transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lingga, Selamat melalui Kepala Bidang (Kabid) Darat Dishub Lingga, Amirudin yang dihubungi via telepon seluler, Jum’at (31/12/2021) mengatakan “Alhamdulillah bang, pekerjaan rehab ramp door Pelabuhan Roro sudah rampung dikerjakan, dan hari kita sudah melakukan tahap uji coba kelayakan pelayanan transportasi awal Kapal Roro Paray, rute perjalanan Jagoh – Penarik Kabupaten Lingga”.

“Untuk tahap uji coba kelayakan yang dilakukan, meski belum resmi seutuhnya melakukan pelayanan, namun mengingat kebutuhan masyarakat kita juga. Maka hari ini sudah dilakukan pelayanan lokal rute Jagoh – Penarik dengan tiga kali/trip perjalanan, yakni pagi dan siang sesuai jadwal yang ada,” lanjutnya.

Amir menjelaskan, hari ini sudah dilakukan keberangkatan perdana Kapal Roro Parai, tujuan Penarik. Alhamdulillah aktivitas di ramp door berjalan aman dan lancar sesuai harapan, katanya lagi.

Dan untuk uji coba kelayakan sepenuhnya, kata Amir, pihaknya menunggu Kapal Roro yang akan masuk rute dari Tungkal, Batam, dan Tanjungpinang.

Apakah kelayakan ramp door sudah benar-benar sempurna atau masih ada kendalanya, dikarenakan setiap Kapal Roro baik yang datang, maupun yang berangkat keluar wilayah Kabupaten Lingga mengangkut kendaraan bermuatan penuh dan otomatis membawa beban berat.

Setelah ini nanti berjalan lancar dan normal, baru kita dari pihak Dishub Lingga, bisa pastikan apakah sudah benar-benar layak fungsi dan beraktivitas sepenuhnya seperti biasa, dan jika sudah normal pelayanannya, maka untuk rute Jagoh – Penarik, ditambah jadwal keberangkatan yang sebelumnya dari dua kali/trip perhari. Kini sudah dijadwalkan menjadi tiga kali/trip dalam setiap harinya, papar Amir.

Disinggung terkait masa perawatan dan tanggung jawab pihak kontraktor terhadap pekerjaan perehapan ramp door Pelabuhan Roro Jagoh, Amir menjelaskan “Untuk hal tanggung jawab dan masa perawatan pihak kontraktor yang melakukan pekerjaan. Itu berlaku satu tahun terhitung sejak habisnya masa kerja aktif yang terpajang di papan informasi pekerjaan”.

Namun dalam hal ini, kita dari pihak Dishub Lingga berharap dengan sudah dilakukan uji coba kelayakan perdana ini tidak ada kendala apapun hingga kedepan nanti. Dan saat ini para pekerja dari pihak kontraktor masih ada sama-sama melakukan pengawasan kelayakan ramp door, tutup Amir.

 

(R / DL)