Umat Katolik Berduka, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga OFM Cap Wafat di Usia 79 Tahun

0
4
Ucapan dukacita mengalir atas wafatnya Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan dan Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga, OFM Cap, Sabtu (7/11/2020). (Instagram)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Umat Gereja Katolik berduka. Uskup Emeritus Keuskupan Agung Medan dan Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga, OFM Cap wafat dalam usia 79 tahun, Sabtu (7/11/2020).

Informasi diperoleh, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga, OFM Cap mengembuskan napas terakhir saat dirawat di Rumah Sakit (RS) Elisabeth Medan. Mgr Anicetus yang lahir pada 25 September 1941 ini wafat Sabtu sore tadi, sekitar pukul 18.00 WIB.

Ucapan dukacita dari netizen mengalir di media sosial atas wafatnya Mgr Anicetus Bongsu Sinaga yang akrab disapa Oppung Uskup itu.

“Requiem aeternam dona ei, Domine, et lux perpetua luceat ei, Requiescat in pace. Amen. Jadilah pendoa bagi kami, Yang Mulia Anicetus B. A. Sinaga, OFM Cap., Uskup Agung Emeritus Medan..” tulis akun Instagram katolikmedia.

Saat ini Keuskupan Sibolga mempersiapkan proses pemakaman untuk Mgr Anicetus. Namun, informasi selanjutnya terkait pemakaman masih menungu informasi dari Keuskupan Sibolga dan Uskup Agung Medan.

Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga, OFM Cap lahir di Naga Dolok, Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun pada 25 September 1941.

Dia menjabat Uskup di Keuskupan Agung Medan periode 12 Februari 2009 hingga pensiun pada 8 Desember 2018.

Dikutip dari Wikipedia, Mgr Anicetus ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 13 Desember 1969. Mgr Sinaga menyelesaikan studi S3 di Universitas Katolik Leuven, Belgia pada tahun 1975 dengan disertasi The Toba-Batak High God: Transcendence and Immanence.

Mgr Anicetus ditunjuk menjadi Prefek Apostolik di Sibolga pada tahun 1978 saat kota ini menjadi Prefektur Apostolik sampai dengan 24 Oktober 1980.

Saat status Sibolga ditingkatkan menjadi Keuskupan, dia menjadi Uskup pertama di sana. Dia ditahbisan menjadi Uskup pada Hari Raya Epifani, 6 Januari 1981 di Basilika Santo Petrus, Vatikan oleh Paus Yohanes Paulus II.

Pada tahun 2004, Mgr Anicetus ditunjuk menjadi Uskup Agung Koajutor di Keuskupan Agung Medan.

Ia mulai meninggalkan Keuskupan Sibolga hingga ditunjuknya Mgr Ludovikus Simanullang, OFM Cap oleh Tahta Suci pada 14 Maret 2007. Selanjutnya pada 12 Februari 2009, ia meneruskan jabatan Uskup Agung Medan, seiring dengan pengunduran diri Mgr Alfred Gonti Pius Datubara, OFM Cap terkait usia pensiun, sampai sekarang.

Mgr Sinaga menjadi Administrator Apostolik untuk Keuskupan Sibolga selama kekosongan tahta pasca meninggal dunianya Mgr Ludovicus Simanullang, OFM Cap.

Pada 8 Desember 2018, pengunduran dirinya diterima oleh Tahta Suci atas alasan pensiun. Kornelius Sipayung ditunjuk sebagai penggantinya. Kepergian Mgr Sinaga meninggalkan duka mendalam bagi umat Katolik, terutama di wilayah Sumut.

 

Sumber : iNews.id