Unik, Pisang Berbuah di Dalam Batang, Jadi Objek Selfie Warga Asahan

0
1
Buah pisang unik di Desa Aek Nagali, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan berbuah dari dalam batang, Sabtu (18/6/2022). Alif Alqadri Harahap / Tribun-Medan.com
Dijual Rumah

Asahan, buktipers.com – Pisang unik tumbuh di Dusun I Desa Aek Nagali, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan.

Pisang yang umumnya tumbuh di pucuk pohon, namun pisang ini memiliki buah didalam batang.

Pisang yang berada di karangan rumah Miranda ini diketahui pada Jumat(17/6/2022) pagi saat salah seorang tetangganya membuang sampah.

Sontak, dengan keunikannya, pisang tersebut kini menjadi objek swafoto warga yang penasaran dengan pisang yang berbuah dari batang tersebut.

“Kami juga awalnya ga tau, karena memang banyak pisang ditanami di sini, namun baru kali ini tumbuhnya dari dalam batang. Itupun yang pertama kali tahu tetangga kami,” kata Miranda, Sabtu(18/6/2022).

Katanya, pisang unik tersebut masih memiliki buah yang masih kecil bahkan belum siap di panen. “Ini jenis pisang banten atau pisang emas, yang biasanya digantung untuk pelengkap hidangan di pesta-pesta,” katanya.

Ia mengaku pisang ini akan dikonsumsinya sendiri dan tidak ada rencana untuk menjualnya ke orang lain. “Karena jarang-jarang ini tumbuh di bagian batang,” katanya.

Sementara, Soman, orang tua Miranda sekaligus penanam pisang tersebut mengaku pisang ini merupakan anak dari pisang-pisang yang ditanamnya delapan tahun lalu.

“Saya tanam pisang selam tahun lalu, kan di ini beranak-anak. Inilah dia anaknya. Namun baru kali ini berbuah di batang,” kata Soman.

Kata Soman, pisang ini saat tumbuh tidak ada memiliki kelainan dan berkembang seperti pohon pisang biasanya. Namun, saat setelah berbuah maka baru keluarlah pisang tersebut dari dalam batangnya.

“Ini cuma sekali dia berbuah, kemudian di pohon ini juga ada buah lainnya, satu dipucuk satu di dalam batangnya. Mungkin nanti setelah matang, pohon ini akan terbelah,” pungkasnya.

 

Sumber : tribunnews.com