Beranda Hukum Upaya Penyelundupan 3 Ton Kokain Senilai Rp10 Triliun Terungkap di Uruguay

Upaya Penyelundupan 3 Ton Kokain Senilai Rp10 Triliun Terungkap di Uruguay

47
0
Penyelundupan kokain seberat lebih dari 3 ton ke Afrika Barat digagalkan di Uruguay (Ilustrasi, Foto: AFP)

Buenos Aires, buktipers.com –  Otoritas Uruguay menyita kokain seberat lebih dari 3 ton, Rabu (20/11/2019) di Pelabuhan Montevideo. Kokain yang disembunyikan atau disamarkan di dalam kontainer berisi beras tersebut akan dikirim ke Afrika Barat.

Direktorat Bea Cukai Nasional Uruguay, seperti dikutip dari DPA, Kamis (21/11/2019), menyatakan, kontainer tersebut berasal dari Paraguay dan akan dikapalkan menuju Cotonou, Benin. Namun sebelum sampai tujuan, kontainer dijadwalkan singgah di Tenerife, Kepulauan Canary, Afrika Barat, yang dikuasai Spanyol, terlebih dulu.

Di dalam kontainer ditemukan 101 paket kokain yang nilainya ditaksir lebih dari 740 juta dolar AS atau sekitar Rp10,2 triliun.

Pengungkapan upaya penyelundupan kokain dalam nilai spektakuler tersebut tak lepas dari pengetatan kontrol ekspor barang yang baru diterapkan di Montevideo pekan ini.

Baca Juga!  Polisi Tangkap Rio Reifan Bersama 2 Rekannya Terkait Narkotika

Kokain tersebut terdeteksi setelah terbaca oleh alat pemindai baru yang dibeli otoritas pelabuhan.

Sebelumnya otoritas Montevideo kebobolan terkait kasus penyelundupan 4 ton kokain. Sebuah kapal kontainer diketahui mengangkut lebih dari 4 ton kokain pada Agustus 2019 dengan tujuan Antwerp, Belgia.

Namun barang haram itu terdeteksi saat kapal berada di Hamburg, Jerman. Otoritas Jerman lalu menghancurkan semua kokain langsung di atas kapal.

 

Sumber : iNews.id

Loading...