Beranda Sumut Usai Tes Urine, 100 Nahkoda dan ABK Dinyatakan Negatif Narkoba di Parapat...

Usai Tes Urine, 100 Nahkoda dan ABK Dinyatakan Negatif Narkoba di Parapat – Ajibata

257
0
Foto bersama di Pelabuhan Fery Tao Toba Ajibata.

Simalungun, buktipers.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Simalungun, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, mendadak melakukan tes urine kepada 100 Nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK), baik Kapal Motor Penyeberangan (KMP), maupun kapal motor tradisional yang beroperasi di kawasan Danau Toba Parapat dan Ajibata, Senin (23/12/2019).

Kegiatan test urine yang dilaksanakan di beberapa pelabuhan di Ajibata, dihadiri Kasat Narkoba Polres Toba Samosir, AKP Budi Ginting, Kasat Lantas Polres Tobasa, AKP Tio Marlin Simbolon, anggota TNI dari Koramil Lumban Julu, Boris Siahaan, Staff Brantas BNNK Simalungun, A Purba dan pengawai, Boris Siahaan, Kepala Polisi Ajibata Sektor Polsek Lumban Julu, Kapospol Ajibata, Aiptu S Siringoringo dan personil Polisi lainnya.

Baca Juga!  Septor Yamaha Vega R Kontra Honda Supra X Memakan Satu Korban Jiwa

Dalam kesempatan itu, Kepala UPT Angkutan Danau dan Penyeberangan (ADP) Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, T B Simanjuntak menyampaikan, tujuan kegiatan tes urine untuk menjaga keselamatan para pengguna jasa angkutan penyeberangan di kawasan Danau Toba dari Nahkoda dan ABK yang terindikasi pengguna obat-obatan terlarang, khususnya angkutan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Pemerintah wajib menjamin keselamatan penumpang. Melalui tes urine ini, diharapkan seluruh Nahkoda Kapal dan ABK bebas dari Narkoba pada saat membawa kapal di Danau Toba,” katanya.

Jadwal keberangkatan.

Dikatakannya, usai dilakukan tes urine, sebanyak 100 Nakhoda dan ABK kapal yang beroperasi di kawasan Danau Toba, dinyatakan negatif pengguna Narkoba.

Sementara Kepala Seksi Rehabilitas BNNK Simalungun, Juli Sriulina Bukit SKM menyampaikan, sesuai hasil tes urine, sebanyak 100 Nahkoda dan ABK Kapal negatif mengkonsumsi Narkoba.

Baca Juga!  Warga Sirungkungon Pertanyakan Perkembangan Kasus Dumping ke Dasar Danau Toba

“Kita bersyukur, dari 100 orang yang kita lakukan tes urine, semuanya negatif narkoba. Kita harpkan, semua nakhoda dan ABK tetap menjaga diri dan pergaulannya agar terhidar dari narkoba,” kata Juli.

Terkait tes urine yang dilakukan BNNK Simalungun di Kecamatan Ajibata, lanjut Juli, merupakan penugasan dari BNN Provinsi untuk membantu Dinas Perhubungan Provinsi.

“Tobasa kan belum punya BNN, jadi kita ditugaskan untuk melakukan tes urine di Ajibata dan kita lakukan,”papar Juli.

(Stg)

 

 

Loading...