Beranda Serba Serbi Vatikan Sampaikan Pesan Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, Ini Isinya

Vatikan Sampaikan Pesan Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, Ini Isinya

172
0
Miguel Angel Ayuso Guixot (Foto: AFP)
Loading...

Buktipers.com – Vatican City

Dewan Kepausan Vatikan untuk Dialog Antaragama (PCID) menyampaikan pesan Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah. Vatikan berharap momentum Ramadan dan Idul Fitri bisa menjadi perekat persaudaraan dengan umat Kristiani.

Dewan kepausan juga meminta kepada umat Kristen dan Islam di seluruh dunia untuk mempromosikan budaya dialog.

“Vatikan menyerukan kepada umat Kristen dan Islam di seluruh dunia untuk mempromosikan persaudaraan dan keharmonisan dengan membangun jembatan persahabatan serta mempromosikan budaya dialog di mana kekerasan ditolak dan kemanusiaan lebih dihormati,” bunyi pernyataan seperti dilaporkan Vatikan News.

Sementara itu Sekretaris PCID Uskup Miguel Angel Ayuso Guixot berharap, umat Islam di seluruh dunia dapat merayakan Ramadan dan Idul Fitri dengan penuh warna dan kedamaian

Baca Juga!  Bupati Tapteng Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sekolah MTs N Pinangsori

“Bulan Ramadan dengan amalan berpuasa, berdoa, dan bersedekah, juga merupakan bulan untuk memperkuat ikatan spiritual yang kita miliki dalam persahabatan Muslim-Kristen,” ujarnya.

Lebih lanjut Guixot mengingatkan kepada umat Kriten dan Islam, dengan membuka diri kepada orang lain, saling mengenali sebagai sesama saudara, mereka akan dapat merobohkan tembok yang ditimbulkan oleh rasa takut dan ketidaktahuan serta membangun jembatan persahabatan.

“Dengan cara ini, mereka dapat memupuk cara hidup baru di lembaga politik, sipil, dan agama di mana kekerasan ditolak, dan pribadi manusia dihormati,” katanya.

Sementara itu pesan PCID berjudul ‘Kristen dan Muslim: Mempromosikan Persaudaraan yang Universal’ juga mengutip Dokumen Persaudaraan Umat Manusia yang ditandatangani di Uni Emirat Arab oleh Paus Fransiskus dan Sheikh Ahmed Al Tayyeb pada 4 Februari 2019.

Baca Juga!  Kecelakaan Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik, 109 Orang Tewas

Isinya mengajak umat Kristen dan Islam untuk tetap memegang nilai-nilai perdamaian, dengan mempertahankan nilai-nilai saling pengertian, persaudaraan manusia, dan hidup berdampingan secara harmonis, untuk membangun kebijaksanaan, keadilan, dan cinta.

Sumber : iNews.id

Loading...