Victor Yeimo, Buron Kasus Rasisme Papua Ditangkap di Sebuah Kios

0
3
Victor Yeimo. Foto: Istimewa
Dijual Rumah

Jayapura, buktipers.com – Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi berhasil menangkap Victor Yeimo (VY) di Jayapura, Papua, Minggu (9/5/2021).

Victor yang telah dinyatakan buron sejak 2019 dalam perkara rasisme yang berujung pada kerusuhan di Papua ditangkap ketika sedang berbelanja di sebuah kios.

Kepala Satgas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, mengatakan, Victor ditangkap di Tanah Hitam, Abepura, Jayapura, setelah tim berhasil mengidentifikasi yang bersangkutan. Sekarang ini Victor tengah menjalani pemeriksaan intensif di Polda Papua.

“Selanjutnya tim bergeser ke Polda Papua dan membawa target VY papua untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Iqbal.

Selama ini, Victor kerap mengganti nomor selulernya untuk mengelabui pantauan petugas. Tim berhasil melacak bahwa Victor memiliki tiga nomor seluler baru. Dari hasil pelacakan ini diketahui bahwa Victor berada di Tanah Hitam.

Victor Yeimo ditetapkan sebagai buron dalam perkara kerusuhan di Papua pada 2019 dengan nomor DPO/22/IX/RES.1.24/2019/DITRESKRIMUM sesuai LP NO : LP/317/IX/RES.1.24/2019/SPKT POLDA PAPUA Tanggal 5 SEPTEMBER 2019.    Dia diketahui terlibat dalam beberapa peristiwa kerusuhan di Jayapura terkait isu rasisme.

Victor bahkan menjadi orator saat demonstrasi rasisme di Kantor Gubernur Papua.

Selain itu, Victor Yeimo hadir bersama Veronica Koman dalam Sidang HAM PBB di Swiss yang mendorong referendum bagi Papua. Diketahui pula bahwa Victor Yeimo merupakan Jubir Internasional Petisi Rakyat Papua (PRP), dan ikut dalam upacara pengibaran bendera Bintang Kejora di Port Moresby Papua Nugini pada 1 Desember 2020.

 

Sumber : iNews.id