Viral Wanita di Sibolga Melahirkan Sendiri Karena Covid-19, Ini Penjelasan Satgas

0
2
Juru Bicara (Jubir) Tim GTPP Covid-19 Provinsi Sumut Aris Yudhariansyah saat live streaming di Media Center GTPP Covid-19 Provinsi Sumut di Kantor Gubsu, Sabtu (16/5/2020). (Foto: Humas Pemprov Sumut)
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – Unggahan foto disertai narasi seorang seorang wanita yang melahirkan sendiri di Rumah Sakit Sibolga viral di media sosial.

Dalam narasi tersebut, pengunggah foto menyebutkan kakaknya yang akan melahirkan diabaikan pihak rumah sakit karena Covid-19.

“Kakak saya diabaikan di RSU FL Tobing, Sibolga. Ala (sudah) setengah jam kkak ambo (kakak saya) melahirkan tapi dk (tidak) ada pihak dari RS merespon. Dengan alasan pekara Covid, covid dan covid,” tulis pemilik akun.

Menurut pemilik akun juga, kakaknya disebut harus dioperasi. Namun kakaknya tiba-tiba melahirkan sendirian secara normal di dalam ruangan.

“Di bilang harus dioperasi dan dibiarkan. Sendirian di ruangan. Rupanya tiba-tiba kakak ku melahirkan normal sendiri di kamar. Anaknya sudah keluar pak tapi ndak ada satupun orang itu merespon. Ala manangi2 umak ambo (sudah menangis nangis mamak saya) pak menjerit-jerit di RS tu baru datang dokter tu,” demikian tulisnya.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Aris Yudhariansyah mengaku belum mendapatkan informasi postingan tersebut.

Namun dia mengatakan persalinan normal sponta merupakan hal yang biasa dialami seorang perempuan. Namun, umumnya itu terjadi bukan pada kelahiran pertama.

“Mungkin saja saat ditunggu belum tiba waktu melahirkannya. Jadi kebetulan pihak medis yang menangani keluar, di situ melahirkannya,” ujarnya.

Kendati begitu, Aris tidak ingin menyalahkan siapapun dalam kasus ini. Dia menilai kasus tersebut hanya karena kesalahan komunikasi belaka.

Sebelumnya, Direktur RSU FL Tobing, Hotma Nauli Hutagalung membantah pihaknya tidak menolong pasien tersebut.

“Jadi, begini, pasien itu reaktif hasil rapid test. Kemudian kami masukkan ke ruangan isolasi setelah dari IGD, karena rumah sakit kita sudah memiliki ruang operasi Covid-19,” ucapnya.

Hotma mengatakan perawat sudah memberikan obat kepada pasien tersebut. Selanjutnya, perawat yang menangani keluar sebentar.

“Saat perawat keluar itulah si pasien melahirkan sendiri. Seperti itu ceritanya,” katanya. Dia menduga foto itu diambil saat perawat sedang tak ada di ruangan.

Hotma mengatakan unggahan viral itu muncul karena ada miskomunikasi. Hotma juga mengatakan ibu dan anak tersebut dalam kondisi sehat. Dia menyebut saat ini ibu dan bayinya tersebut ada di ruangan khusus pasien reaktif rapid test Corona.

“Alhamdulillah bagus. Dokter obgyn tadi yang menjahit dan menanganinya. Jadi dokter kita tadi langsung berlari dari ruangan,” ucapnya.

 

Sumber : iNews.id