Wabup Labuhanbatu Dukung Upaya Wanita Sehat Bebas Kanker

0
2
Foto bersama disela acara.
Dijual Rumah

Labuhanbatu, buktipers.com – Mewujudkan wanita sehat bebas kanker dengan pencegahan dini melalui pemeriksaan IVA Test (Infeksi Visual Asam Asestat) di Kabupaten Labuhanbatu, Wakil Bupati (Wabup) Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, hadiri acara Gerakan Sehat Warga ‘Aisyiyah yang diselenggarakan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Majelis Kesehatan Labuhanbatu, bekerjasama dengan Sahabat Bunda Maya (SBM), di Panti Asuhan Putri Siti Khadijah Rantauprapat,  Kamis (06/10/2022).

Wakil Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sangat berterima kasih kepada Pimpinan ‘Aisyiyah yang menyelenggarakan kesehatan IVA Test yang selama ini sangat mengganggu kaum ibu.

Oleh karena itu, ini bisa kita gerakkan tidak hanya ‘Aisyiyah namun GOW, PKK, maupun lembaga lainnya, katanya.

Kami dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mensupport kegiatan ini, mari kita bersama-sama melalui ibu-ibu memBOLO Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan motto Bupati Labuhanbatu. Mungkin dari ibu-ibu bisa memBOLO Kabupaten ini dengan baik, ucapnya.

Kami mohon kerjasamanya untuk membangun Kabupaten Labuhanbatu lebih baik ke depannya,  tambah Wabup mengakhiri kata sambutan.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Labuhanbatu, Hj. Anita Ridarni, S.Pd mengatakan, PDA mengambil suatu program yakni Pemeriksaan IVA Test, yang mana pada saat ini banyak ditemukan penyakit-penyakit kanker karena masyarakat kurang menyadari untuk pemeriksaan secara dini.

Dan ini adalah merupakan kerja keras kita ‘Aisyiyah  maupun organisasi yang lain untuk mensosialisasikan pemeriksaan IVA Test ini.

Ke depan kita akan melaksanakan di beberapa zona yang ada di  Labuhanbatu, katanya.

“Wanita sehat akan menghasilkan Indonesia kuat, wanita sehat akan menghasilkan Anak-anak yang sehat dan kuat, wanita sehat akan menghasilkan keluarga yang sehat dan tangguh serta menghasilkan Bibit-bibit pimpinan yang tangguh dan berkualitas,”ucapnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan pemeriksaan IVA Test ini dilakukan oleh tim medis dari Puskesmas Perlayuan dan diikuti 30 orang.

Hadir dalam kesempatan itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj. Tuti Noprida Ritonga, S.Si, Apt, MM, Plt. Kepala Dinas Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti, S.Kom, M.Kom, Kepala Puskesmas Perlayuan drg. Eka Apriana, Ketua SBM Erni Julita, TP PKK Labuhanbatu, dan tamu undangan lainnya.

 

(Syafii Harahap)