Wabup Sergai Hadiri Launching SIPAP-e di PT Socfindo Matapao

0
254
Wabup Sergai, H Darma Wijaya saat foto bersama dengan peserta sosialisasi launching SIPAP-e.
Dijual Rumah

Sergai, buktipers.com – Seluruh Perkebunan se – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), gelar sosialisasi dan launching Sistem Pelayanan Administrasi Perkebunan Secara Elektronik (SIPAP-e).

Kegiatan SIPAP-e, dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sergai, di ruangan terbuka, tepatnya di Aula lapangan tenis PT Socfindo Matapao, Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai, Jumat (6/9/2019).

Dalam acara ini, turut hadir Wakil Bupati (Wabup) Sergai, H Darma Wijaya, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Radianto Panjis, Kabid Perkebunan, Dedy Iskandar, Maneger PT Socfinfo Matapao, Boby Hercules SP, Maneger PT Socfinfo Bangun Bandar, Imade Yogiarto, Teknik I H Achenk Sibli, Camat Teluk Mengkudu, Romian Parulian Siagian, pihak Kepolisian dan seluruh Perkebunan se-kabupaten Sergai.

Kepala Dinas Pertanian, Radianto Panjis, didampingi Kabid Perkebunan, Dedy Iskandar menyampaikan, bahwa sistem pelayanan administrasi Perkebunan Secara elektronik (SiPAP-e), dirancang untuk mempermudah, menghemat waktu, cepat dan mudah serta untuk menghemat waktu serta transparan.

Sehingga lebih efektif dan efesien, dibandingkan dengan system manual yang perosesnya memerlukan waktu relatif lama, sehingga terkesan lambat bagi stakeholder yang membutuhkan, kata Kadis Pertanian.

Wabup, H. Darma Wijaya menyampaikan, sub sektor perkebunan, mempunyai porsi yang cukup besar, di Kabupaten Sergai, dengan luas wilayah 1900,22 KM persegi atau 190.002 hektar.

“Kurang lebih dari 100 ribu hektarnya, merupakan lahan perkebunan yang terdiri dari lahan perkebunan perusahaan negara, swasta nasional, swasta asing dan kebun rakyat,”kata H Darma Wijaya.

Ia menjelaskan, melihat kondisi sub sektor perkebunan, baik secara luas areal dan juga kontribusi terhadap perekonomian daerah, sudah sepatutnya perhatian dan pengelolaan juga mendapat porsi yang signifikan.

Karena kewenangan daerah terhadap pengelolaan sub sector perkebunan di Kabupaten Sergai, dilaksanakan oleh Dinas Pertanaian.

Dengan kondisi demikian, makaperlu dibuatnya SiPAP-e, pada Dinas Pertanian yang merupakan sistim aplikasi terpadu yang mengintegrasikan beberapa sistem pelayanan administrasi.

“Semoga dengan inovasi yang telah didesain ini, dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi kita semua,”ungkap H Darma Wijaya.

Kesempatan ini, Manajer PT. Socfindo Matapao, Boby Hercules SP, didampingi Menajer PT Socfindo Bangun Bandar, IMade Yogiarta, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wabup, H Darma Wijaya, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan jajaranya maupun seluruh perkebunan se -kabupaten Sergai.

Yang mana, telah menyempatkan diri untuk hadir dalam acara sosialisasi dan launching SIPAP-e.

Mudah – mudahan atas kehadiran ini, bisa terus meningkatkan silaturahmi antar pihak perkebunan dengan Pemkab Sergai, ujar Maneger PT Socfindo Matapao, Bobby.

(ML.hrp)