Wagub Ijeck : Peran Silau Raja Akan Bangkitkan Semangat Cinta Budaya dan Membangun Kampung Halaman

0
300
Foto bersama usai pertemuan.
Dijual Rumah

Medan, buktipers.com – “Dengan eksistensi Silau Raja ini menjadi satu hal yang sangat baik dan saya yakin dengan adanya perkumpulan Silau Raja ini akan bangkit semangat membangun kampung halaman dan menumbuhkan kecintaan generasi muda pada adat dan budaya”.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), H. Musa Rajeckshah saat menerima kunjungan audiensi Pengurus DPP dan Panitia Rakernas I Punguan Silau Raja Indonesia, di Rumah Dinas Wakil Gubernur, Jalan Tengku Daud Medan, Senin (23/5/2022).

Turut mendampingi Wagubsu, Kabid Pariwisata Disbudparsu Elidawati, SE, MAP, serta perwakilan BPKAD Sumut. Sementara Sekjen DPP Silau Raja Indonesia Gideon Manik hadir bersama Ketua SC Drs Joni Walker Manik MM, Ketua OC Julonggo Gurning, Sekretaris DPD Silau Raja Sumut Joan Berlin Damanik, S.SI, MM, Bendahara Albert Manik, dan Ketua IV DPD Silau Raja Sumut Ria Gurning, SP.

Wagub Musa Rajeckshah mengharapkan Munas I Silau Raja nantinya akan menghasilkan gagasan dan ide yang akan disampaikan kepada pemerintah seperti pembangunan infrastruktur jalan dan pelestarian situs budaya. Kami pasti selalu membantu dan wajib mendorong promosi dan pelestarian budaya.

Jika sudah ada objek wisata, maka otomatis infrastruktur jalan pasti akan terbangun sebagai wujud dukungan pemerintah. Saya optimis wisata di Samosir kedepannya akan semakin maju dengan promosi-promosi budaya antara lain dengan event dan agenda wisata lainnya, tegasnya.

Di Sumut, khususnya Samosir banyak destinasi wisata diantaranya situs budaya keturunan Silau Raja yang belum terdengar sampai keluar. Untuk itu kami dari Pemprovsu sangat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui promosi destinasi wisata dan telah banyak berperan dalam pengembangan, selain juga peran dari Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf.

Mengakhiri sambutannya, Wagubsu menyampaikan ucapan terima kasih atas penyampaian terkait Rakernas I Punguan Silau Raja Indonesia nantinya, dan kami siap mendukung pelaksanaan kegiatan agar sukses dan lancar. Sehubungan dengan undangan pada agenda tersebut nanti di Samosir, jika memungkinkan saya akan hadir karena saya sangat mendukung penuh dan nantinya akan mengatur jadwal kunjungan khusus ke situs budaya tersebut dengan sepeda motor trail, pungkas Wagubsu yang akrab disapa Ijeck ini.

Sebelumnya, Ketua Steering Comitee (SC) Drs Joni Walker Manik menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan Wagubsu pada audiensi hari ini sekaligus perkenalan pengurus Punguan Silau Raja Indonesia.

Selaku SC mewakili Ketua DPP, kami dengan segala hormat mengundang Bapak Wagubsu untuk menghadiri Rakernas I Punguan Silau Raja Indonesia yang akan dilaksanakan pada 26-29 Mei 2022 di Kabupaten Samosir yang diperkirakan 150 peserta se-Indonesia yang akan hadir, terangnya.

Joni menambahkan bahwa saat ini kepengurusan DPD sudah ada 6 (enam) yang terbentuk diantaranya Sumut, Sumsel, Kepri, Papua Barat, Kaltim dan DKI Jakarta. Selanjutnya, bahwa untuk DPD Sumut yang telah terbentuk dan konsolidasi di 8 Kabupaten/Kota ada, serta kepengurusan di Aceh Singkil yang akan disusul kepengurusan lainnya.

Mengulas sejarah, lanjutnya, kekuatan Silau Raja yang merupakan keturunan Op Tetea Bulan dari anak Silau Raja yang terdiri dari 4 (empat marga) diantaranya Malau, Manik, Ambarita, dan Gurning. Inilah yang dihimpun sekarang dalam kendali kepengurusan Punguan Silau Raja Indonesia. Setelah Munas I di Batam kemarin, maka sepakat menghimpun dengan tidak membedakan unsur agama dan status sosial.

“Insya Allah kegiatan akan dirangkai peresmian Gapura Harangan Sioma sebagai tempat Ompung Silau Raja yang menjadi tempat tinggal leluhur keturunan Silau Raja seluas 327 Hektare sebagai situs sejarah hutan wisata yang akan dilestarikan. Kami mengharapkan Bapak dapat memberikan motivasi bagaimana memanfaatkan lahan yang ada termasuk Hutan Sioma untuk dilestarikan dan menjadi destinasi wisata budaya yang ada di Sumut serta meningkatkan nilai wisata karena memiliki jalur kualitas dunia untuk bersepeda motor trail bagi wisatawan yang gemar tantangan, pungkas Joni Walker.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Organizing Comitee (OC), Julonggo Gurning menyampaikan kesiapan panitia pelaksana kegiatan Munas I Punguan Silau Raja Indonesia dengan perincian rencana kegiatan dimulai dengan rapat kerja, pertunjukan opera seni serta dilanjutkan dengan napak tilas perjalanan Silau Raja dari Pusuk Buhit, Sioma, sampai Simanindo.

“Di hutan wisata Sioma ini nantinya kita dapat melihat beberapa situs Silau Raja yaitu mata air Silau Raja dan mata air Manik Raja serta kayu pohon beringin yang memiliki keunikan khusus karena tidak memiliki daun,”ujarnya.

Ketua IV DPD Silau Raja Sumut, Ria Gurning, SP menambahkan, kebanggaan dengan adanya situs budaya guna memperkenalkan kembali bahwa Silau Raja memiliki situs yang tidak akan dilupakan oleh generasi muda saat ini.

Kami saat ini juga lebih giat dalam meningkatkan mutu dan kualitas wisata yang ada di Sumut antara lain Situs Sioma serta situs lainnya. Dengan kehadiran Bapak nantinya merupakan kebanggaan dan penambah semangat bagi kami serta sebagai bentuk perhatian Pemprovsu khususnya Wagubsu Ijeck, ungkap Ria.

 

(Rel/ML.hrp)