Wakil Bupati Sergai Buka Turnamen Sepakbola Tingkat SMP

0
858
IMG_20171014_220537

BuktiPers.Com – Sergai (Sumut)

Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya disaksikan Kadis Pendidikan Joni Walker Manik, melakukan tendangan pertama sebagai tanda dimulainya turnamen sepakbola tingkat SMP tahun 2017, Jumat (13/10) lalu.

Turnamen sepakbola antar pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini memperebutkan piala Bupati Sergai tahun 2017, yang digelar di Stadion Mini, Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Sergai.

Darma Wijaya menyampaikan, bahwa upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik dan ekstrakurikuler. Namun juga diharapkan membuat siswa memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan. Dan salah satunya adalah olahraga.

“Dengan prestasi dalam bidang olahraga, maka tidak sedikit para siswa yang bisa ikut ke kancah nasional dan bahkan internasional, seperti halnya siswa kita dari Kecamatan Sipispis yang baru saja pulang dari Jepang untuk mengikuti event internasional, olahraga arung jeram. Ini adalah salah satu contoh,” ujarnya.

“Maka pada hari ini, olahraga sepakbola akan tampil dan kepada para peserta yang akan bertanding, diharapkan dapat menunjukan permainan yang indah, sportif, bermain sehat dan memiliki semangat kompetisi yang kuat serta juga harus menjunjung tinggi persaudaraan sesama pelajar,” ungkap Wabup.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sergai, Joni Walker Manik menyampaikan, bahwa para peserta dalam turnamen sepakbola hari ini adalah mereka yang telah lulus seleksi di kecamatan yang semula sebanyak 60 tim dan sekarang yang akan berlaga tinggal 16 tim.

“Melalui turnamen sepak bola ini, kiranya kita dapat mencari dan mengambil bibit persepakbolaan untuk dididik dan dibina supaya mereka nantinya menjadi penerus dalam bidang sepakbola di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” kata Joni Walker.

Sedangkan Ketua KONI Sergai Siswanto, mengapresiasi kegiatan yang besifat positif itu. Dan berharap agar dengan diselenggarakannya turnamen ini, dapat lebih mempermudah pihaknya dalam menyaring bibit-bibit olahraga sepakbola yang baru, terlebih lagi peserta yang mengikuti masih tergolong muda sekali.

“Untuk mengetahui minat dan bakat seseorang dalam dunia olahraga, perlu diadakan terus even-even olahraga setiap tahunnya,” ujarnya.

Ketua panita pelaksana Sugianto, mengatakan turnamen yang dilaksanakan 13 – 20 Oktober ini diikuti sebanyak 16 tim yang sebelumnya telah melalui tahapan penyaringan di kecamatan-kecamatan.

Turnamen ini dibagi dalam 4 zona yang setiap zona mendapatkan 4 tim, yakni zona I Kecamatan Perbaungan terdiri dari, SMP Negeri 1 Perbaungan, Pegajahan, Pantai Cermin dan SMP Negeri 2 Teluk Mengkudu. Zona II Tanjung Beringin, SMP Negeri 1 Sei Rampah, Sei Bamban, Bandar Khalifah, dan SMP Negeri 3 Tanjung Beringin. Zona III Pabatu, SMP Swasta Yapendak Pabatau, SMP Negeri 1 Tebing Syahbandar, SMP Negeri 2 Sepispis serta SMP Swasta YPAK PTPN III Dolok Merawan dan Zona IV dilaksanakan di Dolok Masihul, SMP Negeri 1 Dolok Masihul, Bintang Bayu, Kotarih dan Serba Jadi. (AS/Red)