Beranda Nasional Wakil Ketua MPR Cerita Dirinya Kalah Suara Pileg dari Krisdayanti

Wakil Ketua MPR Cerita Dirinya Kalah Suara Pileg dari Krisdayanti

44
0
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah (Foto: Nur Azizah Rizki/detikcom)

Buktipers.com – Jakarta

Wakil Ketua MPR yang juga Wasekjen PDIP, Ahmad Basarah, menceritakan momen dirinya kalah suara dalam pemilu legislatif (Pileg) dari artis Krisdayanti di dapil Malang Raya. Basarah menyebut meski perolehan suaranya naik dua kali lipat, ia tetap kalah suara dari Krisdayanti.

Momen tersebut ia ceritakan saat memberi sambutan dalam peringatan 118 tahun hari lahir Bung Karno dan 6 tahun wafatnya Taufiq Kiemas yang diadakan Persatuan Alumni GMNI. Awalnya, ia menyapa Ketua Umum ICMI Jimly Ashiddiqie dan memberi selamat karena Jimly lolos menjadi anggota DPD RI.

“Sama-sama berjuang dengan saya, baru berjuang di pemilu legislatif. Beliau berjuang di senator, anggota DPD RI dari dapil DKI Jakarta, saya caleg DPR RI dapil Malang Raya,” kata Basarah di kantor GMNI, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2019).

Baca Juga!  Daftar Nama 8 Korban Meninggal Kerusuhan 22 Mei Jakarta

Dia lalu membandingkan kriteria pemilih di DKI Jakarta dengan dapilnya sendiri. Basarah menyebut pemilih di DKI Jakarta menggunakan rasionalitas politik karena memilih Jimly dan mengantarkannya meraih suara terbanyak DPD RI di dapilnya.

“Bedanya saya dengan beliau, di Jakarta, pemilu legislatif memilih DPD RI ini berjalan dengan normal, di mana rakyat DKI Jakarta memilih dengan rasionalitas politiknya, dengan sadar memilih Prof Dr Jimly Ashiddiqie sebagai calon anggota DPD RI suara terbanyak dapil DKI Jakarta,” ujarnya.

Basarah lalu membandingkan kondisi di dapil Malang Raya tempat dirinya bertarung memperebutkan suara. Saat inilah Basarah menceritakan kekalahan dirinya dari Krisdayanti.

“Sebaliknya saya di Malang Raya, daerah pemilihan saya, di mana dari Pemilu 2014 ke Pemilu 2019 ini suara saya bertambah hampir 100 persen. Tapi alhamdulillah suara saya masih kalah dari artis Krisdayanti. Itu bedanya pemilih di DKI Jakarta dengan pemilih di Malang,” tutur Basarah.

Baca Juga!  Calon Pengantin Ditangkap Saat Sebar Undangan Pernikahan

Tak ketinggalan, Basarah mengucapkan selamat kepada Jimly. Ia pun mendoakan agar eks Ketua MK itu terpilih menjadi Ketua DPD RI yang baru.

“Kita berikan selamat kepada Prof Jimly. Mudah-mudahan ikhtiar perjuangannya mendapatkan hidayah dan pertolongan dari Allah SWT. Dan mudah-mudahan akan melancarkan niat beliau, dan doa kita bersama agar beliau nanti terpilih sebgai Ketua DPD RI yang baru. Mudah-mudahan almarhum Pak Taufiq (Taufiq Kiemas) mendengar ini dan ikut mendoakan,” ucapnya.

Sebelumnya, PDIP menjadi pemenang dengan suara tertinggi sebanyak 560.217 suara dari Dapil Malang Raya. Berikut formasi caleg terpilih DPR RI Dapil Malang Raya:

  1. Krisdayanti (PDIP)-pendatang baru
  2. Latifah Shohib (PKB)-petahana
  3. Moreno Soeprapto (Gerindra)-petahana
  4. Ahmad Basarah (PDIP)-petahana
  5. Ridwan Hisjam (Golkar)-petahana
  6. Kresna Dewanata Prosakh (NasDem)-petahana
  7. Ali Ahmad (PKB)-pendatang baru
  8. Andreas Eddy Susetyo (PDIP)-petahana.
Baca Juga!  Bawaslu Dorong Pembentukan Lembaga Peradilan Khusus Pemilu

 

Sumber : detik.com

Loading...