Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Positif Covid-19, Punya Riwayat ke Jakarta

0
3
Suasana Kantor Wali Kota Bengkulu setelah Wali Kota Helmi Hasan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu. (Foto: Antara)

Bengkulu, buktipers.com – Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan terkonfirmasi positif terjangkit virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium reaksi berantai polimerase (PCR) di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu. Saat ini, Helmi menjalani isolasi mandiri untuk memutus penyebaran virus corona.

“Iya kan sudah tertebak dari kemarin, jadi kemarin kita sudah rilis secara resmi bahwa ada salah satu pimpinan kita yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Selasa (1/9/2020).

Menurut Herwan, dari hasil formulir wawancara yang dilakukan sebelum tes usap diketahui bahwa Helmi Hasan sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Herwan memastikan Helmi Hasan saat ini dalam kondisi baik dan tidak memiliki gejala klinis apapun.

“Tidak ada gejala dan kondisinya baik, kasus seperti ini memang banyak dan hampir 80 persen kasus di Bengkulu itu tidak memiliki gejala, jadi tidak perlu dirawat cukup isolasi mandiri,” paparnya.

Menurut Herwan, mengingat Wali Kota Bengkulu tersebut tidak mengalami gejala klinis maka tidak perlu dilakukan tes evaluasi atau tes usap kedua.

Sebab, kata dia, kasus konfirmasi positif yang tidak memiliki gejala klinis cukup melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan jika setelah itu tetap tidak mengalami keluhan medis maka dinyatakan sembuh.

“Tetapi bagi mereka yang menyatakan masih harus dilakukan tes swab evaluasi maka akan tetap kita lakukan,” ucapnya.

Selain itu, Herwan menyebut penelusuran kontak terhadap kasus konfirmasi positif Covid-19 Wali Kota Bengkulu tersebut akan dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu.

Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengaku belum mendapat informasi mengenai Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan yang disebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Kendati demikian, Dedy memastikan kesehatan Helmi Hasan saat ini dalam kondisi baik dan bahkan Helmi berencana mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Bengkulu dalam pilkada mendatang di KPU Provinsi Bengkulu.

Dedy juga memastikan roda Pemerintahan Kota Bengkulu tetap berjalan seperti biasa tanpa kendala apapun.

“Beliau sehat walafiat, happy dan insyaallah sebentar lagi mendaftar Pilgub dan roda pemerintahan tetap berjalan seperti biasa, tidak ada halangan, di mana beliau sekarang di bumi Allah,” kata Dedy.

 

Sumber : iNews.id