Wali Kota : Produk Unggulan Tanjungbalai Siap Bersaing di Pasar Ekspor dan Moderen

0
174
Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial saat foto bersama Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sumut, Drs. Yulius Sacramento Tarigan beserta rombongan, di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (31/1/2019).
Dijual Rumah

Buktipers.com – Tanjungbalai (Sumut)

Produk unggulan kota Tanjungbalai siap bersaing di Pasar Ekspor dan Moderen. Hal ini ditegaskan Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial saat menerima audiensi Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sumut, Drs. Yulius Sacramento Tarigan beserta rombongan, di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis  (31/1/2019).

Kepala Balai POM Sumut, Yulius Sacramento Tarigan, menyampaikan beberapa hal terkait kunjungannya ke Pemko  Tanjungbalai.

Diantaranya implementasi terkait MoU Pemko Tanjungbalai dengan BPOM tentang rencana pembangunan Kantor LOKA POM di Tanjungbalai, mengangkat potensi produk unggulan  yang akan siap bersaing di pasar ekspor dan moderen serta pembentukan fasilitator yang nantinya akan bekerja dalam melakukan monitoring lapangan dan membantu pengawasan dan pengembangan obat dan makanan dalam memberikan perlindungan masyarakat dan peningkatan daya saing produk unggulan Kota Tanjungbalai, paparnya.

Dia juga mengundang Wali Kota menghadiri Rakernas POM yang akan diadakan di Kota Medan dan pembentukan Tim Terpadu Pengawasan dan Pengembangan Obat dan Makanan dalam rangka memberikan perlindungan masyarakat dan daya saing produk unggulan Kota Tanjungbalai serta program Nasional terkait Fasilitator Pengembangan Desa/Kelurahan.

Wali Kota Tanjungbalai kembali mengatakan, sangat mendukung berdirinya kantor LOKA POM di Kota Tanjungbalai.

Dengan berdirinya kantor tersebut yang saat ini belum memiliki bangunan permanen karena masih menyewa, Pemko Tanjungbalai merasa terbantu, sebagai wilayah yang memiliki tempat strategis yang berdekatan dengan wilayah perbatasan dan kabupaten lainnya.

Sehingga membantu melakukan pengawasan dan pemantauan obat dan makanan yang tidak layak diproduksi oleh masyarakat kota Tanjungbalai dan sekitarnya, katanya.

Pemko Tanjungbalai juga menyambut baik rencana pembentukan fasilitator yang merupakan program tim terpadu yang dibentuk oleh BPOM bersama Pemko Tanjungbalai yang akan bekerja dalam rangka pengawasan dan pengembangan obat dan makanan.

Khususnya dalam memberikan perlindungan masyarakat dan peningkatan daya saing produk unggulan, ujarnya. Hal ini tentunya sebagai langkah strategis antisipasi dini bagi masyarakat Tanjungbalai dan sekitar agar terhindar dari penyakit moderen yang saat ini banyak terjadi seperti kanker, ginjal dan sejenisnya, tandasnya.

Terkait produk unggulan Kota Tanjungbalai, tentunya berhubungan dengan Produk Ikan. Tentunya Pemko Tanjungbalai optimis lewat dukungan BPOM dalam hal ini. Baik dari segi kemasan, jenis panganan maupun olahannya yang tentunya harus sehat, higienis dan bernilai ekonomi serta mampu bersaing di Pasar Ekspor dan Moderen.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, Kepala LOKA POM Tanjungbalai, Denny S Purba, Staf Ahli Bidang Hukum, Fatwar Nur, dan pimpinan OPD Kota Tanjungbalai lainnya. (Gani/Fauzi)